Terungkap! Mitologi Sejarah Penyebab Suku Sunda dan Suku Jawa Dilarang Menikah?

- 23 Februari 2022, 12:16 WIB
 Ilustrasi Perang Bubat cerita cinta yang berakhir tragedi, Perang Antara Suku Sunda kerajaan Galuh/Pajajaran melawan Suku Jawa Kerajaan Majapahit
Ilustrasi Perang Bubat cerita cinta yang berakhir tragedi, Perang Antara Suku Sunda kerajaan Galuh/Pajajaran melawan Suku Jawa Kerajaan Majapahit / Youtube Aliqul Channel /

PRIANGANTIMURNEWS – Percaya atau tidak hingga saat ini masih banyak orang-orang yang mempercayai bahwa suku Jawa dan suku Sunda dilarang untuk menikah. Bagi sebagian besar orang pernikahan antar suku tersebut diyakini menjadi pernikahan yang tidak langgeng dan penuh perkara.

 Di sisi lain orang Sunda ternyata tidak mau sebut orang Jawa mengapa demikian sejatinya hal tersebut merupakan mitos dari legenda rakyat yang diwariskan secara turun temurun melalui lisan maupun isyarat.

Warisan buruk itu erat kaitanya dengan sejarah tercampur mitos dari perang Bubat antara Kerajaan Majapahit dari tanah Jawa dan kerajaan Pajajaran dari tanah sunda yang terjadi 600 tahun lalu atau 1357 masehi.

Baca Juga: Anda Ingin ke Kalimantan? Anda Harus Tahu Dulu 8 Larangan Adat dan Etika Suku Dayak! Terbukti!!!

Lantas Seperti apakah sejatinya napak tilas orang Sunda akhirnya benci dengan orang Jawa dan Seperti apakah awal mula kisah larangan menikah suku Jawa dan sudah dan sebelum perang Bubat adalah cerita cinta yang berakhir menjadi tragedi.

Latar peristiwanya sangat menarik karena berkaitan dengan politik perebutan pengaruh dan kekuasaan antara kerajaan Majapahit di Jawa Timur dan kerajaan Galuh atau Pajajaran di Jawa Barat.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari Youtube Aliqul Channel, Majapahit yang memiliki seorang Mahapatih bernama Gajah Mada saat itu adalah negara adikuasa hampir semua kerajaan di nusantara berhasil ditaklukan.

Baca Juga: Mau Tahu Apa Arti Pangandaran? Simak ini Penjelasannya

Namun kerajaan Galuh belum berhasil ditaklukkannya. Perang tersebut Seolah membawa sisa permusuhan antar kedua suku ini sehingga munculah mitos jodoh antara orang Jawa dan Sunda,

Selain itu banyak pula yang mengatakan bahwa perempuan Jawa yang menikah dengan pria Sunda dikhawatirkan akan tidak bahagia lupa dengan orangtua dan mengalami keterpurukan dalam masalah finansial.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Aliqul Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x