Asal Usul Situ Sanghyang Yang Konon Adalah Kerajaan Saunggatang (Bagian 2)

- 18 Mei 2022, 21:09 WIB
Situ Sanghyang, di Cilolohan, Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya.
Situ Sanghyang, di Cilolohan, Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya. /PRITIM PRMN/NANANG YUDI/

PRIANGANTIMURNEWS- Pernikahan dengan pesta meriah pun digelar sesuai rencana dan keinginan sang raja, suasana riang gembira terdengar hingga ke balik benteng keraton Kerajaan Saunggatang. Namun, dari seluruh rakyat kerajaan yang hadir dalam acara tersebut.

Hanya seorang perempuan tua renta penumbuk padi yang tidak mengikuti pesta rajanya. Dia hanya mendengarkannya dari luar istana dan terus menumbuk padi untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Video Trailer Sayap Sayap Patah, Nikolas Saputra Tampil Mesra dengan Ariel Tatum

Demikian kata Oos Basor menambahkan lagi cerita selanjutnya, dan dikala Kerajaan Saunggatang tengah berpesta meriah, di Kerajaan Mataram, Raja Galuh justru mendapat firasat tidak baik tentang keberadaan permaisurinya. Pada saat itu pula, Raden Rarangbuana kembali ke Keraton Galuh.

Ternyata benar sesampainya di istana Kerajaan Galuh, Raden Rarangbuana mendengar tangis yang memilukan dari seluruh kerabat keraton yang meratapi permaisuri yang hilang tidak jelas kemana.

Melihat Raja telah kembali seluruh abdi dalem menghampiri dan memberitahukan bahwa permaisuri hilang tanpa jejak.

Baca Juga: Bravo! Taekwondo Kantongi Medali Emas Pertama SEA Game 2021 untuk Indonesia Kalahkan Tuan Rumah

"Raden Rarangbuana ini memang manusia yang baik budi pekertinya, adil, bijaksana serta berilmu tinggi. Dia tidak kaget ketika menerima laporan dari para abdi dalem keraton, bahkan dengan penuh kewibawaan Raden Rarangbuana menenangkan para abdi istana dan raja sudah mengetahui," tutur Oos Basor, Rabu 18 Mei 2022.

Kemudian, Raja mengatakan bahwa apa yang telah terjadi sudah menjadi guratan takdir dari yang maha kuasa dan tak bisa untuk dipungkiri, dengan itu tetaplah tenang dan berdoalah kepada ilahi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x