Laskar Agung Macan Ali Kasultanan Cirebon Lestarikan Budaya Sunda Menjaga Indonesia

- 19 Mei 2022, 20:28 WIB
Laskar Agung Macan Ali Tasik Raya bersama Mantan Kapolda Jabar, Irjen Pol (Purn) Anton Charlian
Laskar Agung Macan Ali Tasik Raya bersama Mantan Kapolda Jabar, Irjen Pol (Purn) Anton Charlian /Dok. Pribadi/

PRIANGANTIMURNEWS- Laskar Agung Macan Ali Kasultanan Cirebon adalah semangat dalam menjaga, melestarikan budaya Sunda serta menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Panglima Laskar Macan Ali Tasikmalaya Raya, Dadang Sudrajat, Kamis 19 Mei 2022. Menurutnya, melestarikan dan menjaga budaya Sunda dan menjaga keutuhan Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

"Laskar Agung Macan Ali merupakan semangat keagamaan serta nilai tradisi dan kebudayaan dari Kerajaan Cirebon sebagai pusat penyebaran Islam di wilayah barat Pulau Jawa yang akan terus lestari hingga saat ini," ungkap Dadang.

Baca Juga: AKBP Depok Yogen Heroes Baruno, Angkat Bicara Terkait Dugaan Yang Dilayangkan Pada Wanda Hamidah

Dia menjelaskan bahwa telah terbukti hanya dalam satu abad kepemimpinan Sunan Gunung Jati, telah membawa Islam berkembang pesat di sebagian besar Jawa Barat menggeser kerajaan Hindu Padjadjaran.

"Laskar Agung Macan Ali menjaga Indonesia dan fokus melestarikan nilai-nilai budaya Sunda supaya generasi penerus bangsa bangga akan warisan para pendahulu sebagai pondasi kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ungkapnya.

Menurutnya, siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya selain generasi penerus pengisi alam kemerdekaan yang menghormati dan mencintai akan jati diri bangsa yang sesungguhnya.

Baca Juga: Dihujani Kartu Merah, Timnas U-23 Indonesia Gagal Melaju ke Final SEA Games 2021

"Dalam penyebaran Islam tidak terlepas dari nilai-nilai budaya adat masyarakatnya, karena Islam datang sebagai penyelamat ummat manusia yang tidak pernah merusak nilai-nilai budaya dan adat istiadat setempat," tegasnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x