Kisah Mistis Soekarno dan Ratu Kidul

- 24 Mei 2022, 20:08 WIB
Presiden RI Pertama Ir. Soekarno.
Presiden RI Pertama Ir. Soekarno. /Buku Dunia Batin 2 Macan Asia

PRIANGANTIMURNEWS- Cerita tentang raja yang menjadi suami Nyi Roro Kidul ternyata menyelimuti kehidupan Soekarno. Seorang penulis Amerika, Isaac Asimov, mendeskripsikan kondisi tersebut.

Asimov menceritakan sebuah pengalaman menginap di hotel yang terletak di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat yang menyediakan satu kamar khusus untuk Dewi penguasa pantai selatan.

Masyarakat mempercayai adanya kekuasaan Ratu Kidul dengan sesaji atau ritual yang khusus dipersembahkan untuk penguasa laut selatan.

Baca Juga: PSG Ingin Pep Guardiola Ganti Mauricio Pochettino,Kylian Mbape Bingung Liverpool atau Real Madrid

Persembahan tersebut sifatnya simbolik, dapat berupa hasil bumi, makanan, burung hidup, air suci, kembang melati, dan benda-benda berharga lainnya. Orang mengadakan upacara atau persembahan dengan tujuan terhidar dari bencana.

"Tiap tahun masyarakat di sini pasti nglarung (memberi persembahan)," kata Wahyo, seorang kusir di Parangtritis. Biasanya persembahan itu diberikan setiap 1 suro, tahun baru Jawa, yang sangat berkaitan dengan keberadaan penguasa selatan.

Tak hanya masyarakat sekitar di daerah itu, tradisi ini dilakukan juga oleh masyarakat pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali. Nama Kita Pelabuhan Ratu sendiri sangat berhubungan dengan kepercayaan itu.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, setiap penguasa adalah suami kanjeng ratu kidul, perkawinan tersebut terjadi karena adanya kesepakatan antara panembahan Senopati. Sebelum mendirikan kerajaan Mataram Islam, dengan penguasaan lautan.

Baca Juga: Amalan Agar Selamat Dunia Akhirat

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x