MENGEJUTKAN!! Ternyata Ada Rahasia Kemerdekaan Indonesia Dalam Kitab Kuno Ini !!

- 14 Agustus 2022, 14:26 WIB
Ilustrasi Kunci Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
Ilustrasi Kunci Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia /Tangkapan Layar Youtube ASISI Channel/

PRIANGANTIMURNEWS - Siapa sangka, kunci kemerdekaan Indonesia ada dalam sebuah kitab kuno dari zaman Majapahit?

Pada tahun 1945, Perang Dunia II berujung kemenangan Sekutu dan kekalahan Jepang di Asia Pasifik. 3 bulan sebelum bom atom Hiroshima, BPUPKI, panitia persiapan kemerdekaan Indonesia terbentuk.

Mereka berkejaran dengan waktu, karena Belanda yang membonceng Sekutu dapat merebut kembali nusantara jika wilayah ini dianggap pampasan perang dari Jepang.

Tak ada jalan lain: Indonesia harus segera berdaulat. Namun, menyusun konsep negara sebesar dan seberagam Indonesia, tidaklah mudah.

Untungnya, kitab Sutasoma dari abad ke-14, memberi kita semboyan "Bhinneka Tunggal Ika", sekaligus kunci keberhasilan kemerdekaan kita.

Baca Juga: Berita Persib: Teddy Cahyono Takut Hadapi Bobotoh? Penjulan Tiket Menjadi Kendala Bobotoh!!

Dan kisah di dalamnya begitu epik, sayangnya gak banyak yang tahu. Yuk, kita gali bersama-sama. Dunia dilanda kekacauan ketika bangsa raksasa menebar petaka.

Dalam Kakawin Sutasoma, biang keroknya adalah Suciloma, seorang raksasa pemuja Siwa Bhairawa. Untuk mengalahkannya, sang Buddha pun menjelma ke dunia. Karena welas asih sang Buddha, Suciloma diampuni asal ia tidak lagi membunuh manusia.

Di sisa umurnya, Suciloma hidup saleh. Ia terlahir kembali menjadi Sudanda, pangeran kerajaan Ratnakanda yang bertekun memuja Buddha.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Youtube ASISI Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x