BI Akan Bina Potensi Destinasi Wisata Desa Selasari Pangandaran

- 8 Mei 2021, 19:15 WIB
Destinasi wisata alam di Desa Selasari Parigi, Pangandaran.
Destinasi wisata alam di Desa Selasari Parigi, Pangandaran. /PRIATIM PRMN/EDI MULYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Kepala Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Udin Tugaswara (47) menyebutkan, di Desa Selasari ada 11 potensi destinasi wisata yang tidak kalah dengan wisata Congkring di Bali.

"11 destinasi potensi wisata alam yang menjadi destinasi Desa Selasari salah satunya ada Goa Sutra Reregan, Santirah, Goa Lanang, Curug Cimanggu, Bukit Kirono, Pepedan Hills, Batu Lawang. Untuk seni wisata budayannya, Angklung buhun, Lebon, Ronggeng Gunung, Kampung Dukuh, Situs Tapak Budha," Udin kepada media Sabtu (8 Mei 2021).

Kades Udin menyebutkan, perjalanan awal perencanaan dan pengelolaan sejumlah tempat wisata sudah dimulai sejak Tahun 2013. Sejak itu mulai muncul ada 11 titik destinasi wisata yang memiliki potensi. Namun rencana awal yang akan dikembangkan Goa Sutra Reregan. Tetapi yang duluan dikenal malah Santirah.

Baca Juga: Niat Bela Jokowi yang Sebut Bipang Ambawang, Fadjroel Rachman Malah Babak Belur, Netizen: Dasar Penjilat

"Untuk pengelolaan destinasi wisata Santirah dulu sempat ada inspestor menawarkan diri akan mengelola Santirah sampai menawarkan satu unit mobil Avansa, namun saya ditolak, karena kita lebih peduli pada para pemuda dan masyarakat untuk mengelola tempat tersebut. Sekarang baru baru dikelola oleh Bumdes," kata, Udin.

Keberadaan destinasi wisata Santirah pun selain dikelola oleh bumdes juga kita memberikan kontribusi ke kas pemuda setempat. Karena kami berpikir Santirah itu, tidak hanya milik aset daerah akan tetapi dapat dikelola, oleh semua lembaga termasuk masyarakat sekitar bisa ikut andil.

"Selain Santirah kita juga memiliki destinasi wisata bukit milim perhutani. Suasananya indah dan banyak menawarkan berbagai keindahan alam. Apalagi jika musim kemarau pagi pagi bisa melihat sunrest. Jika sore hari cuaca bersahabat bisa melihat sunset dari ketinggian bukit," jelasnya.

Baca Juga: Penutupan Diklat Pesantren Ramadhan 1442 H di DKM Al-Kautsar Lengkongjaya Tasikmalaya

Udin menyebutkan, kalau Goa Lanang ada sisi spiritualnya, menurut sejarah sempat disinggahi waliyullah Seh Abdul Muhyi. Bahkan sempat dijadikan uji petik penelitian oleh mahasiswa karena Goa Lanang ada sisi alur dengan Sukapura.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x