Aliansi BRICS Bergerak: Luncurkan Mata Uang Baru dan Berjanji Bangun Bank Pembangunan Baru

- 3 Juni 2023, 09:00 WIB
 Pertemuan KTT BRICS diadakan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 1-2 Juni 2023. Membahas peluncuran mata uang baru, janji Bank Pembangunan baru dan regulasi anggota baru.
Pertemuan KTT BRICS diadakan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 1-2 Juni 2023. Membahas peluncuran mata uang baru, janji Bank Pembangunan baru dan regulasi anggota baru. /Anadulo/

PRIANGANTIMURNEWS - Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) aliansi forum ekonomi BRICS telah diselenggarakan di Cape Town, Afrika Selatan pada hari Jumat, 2 Juni 2023.

Para Menteri Luar Negeri (Menlu) dari kelima negara anggota inti hadir dalam pertemuan besar tersebut untuk membahas isu-isu global, kerjasama, termasuk regulasi keanggotaan baru

Acara tersebut dipandu oleh Menteri Hubungan Internasional dan Kerjasama Afrika Selatan, Naledi Pandor.

Baca Juga: Cegah Peredaran Uang Palsu, Bank Indonesia Lakukan Upaya Preventif dan Represif

Dihadiri oleh Menlu Brasil Mauro Vieira, Menlu Rusia Sergey Lavrov, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar, dan Wakil Menlu China Ma Zhaoxu.

Kelima negara tersebut lebih detailnya membahas masalah regional dan global, reformasi Dewan Keamanan PBB, perlindungan multilateralisme, dan keamanan.

Termasuk pembangunan berkelanjutan, permasalahan kontra-terorisme, iklim, keamanan energi, dan kerjasama timbal balik.

Pelanggaran sanksi internasional unilateral terhadap hukum internasional dan pengaruhnya terhadap ekonomi dunia juga turut dibahas.

Baca Juga: Bank Indonesia Tasikmalaya Kembali Buka Penukaran Uang Baru Berbagai Pecahan

Hal yang utama, pertemuan tersebut juga membahas pengenalan mata uang bersama untuk negara-negara BRICS, Proyek Bank Pembangunan Baru dan regulasi anggota baru BRICS.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x