Kampung Cidarma Sumedang Dicanangkan Jadi Kampung Gula Aren

- 30 Oktober 2020, 06:03 WIB
Perajin gula aren sedang memasak nira untuk dijadikan gula aren.
Perajin gula aren sedang memasak nira untuk dijadikan gula aren. /Nanang/

PRIANGANTIMURNEWS - Masyarakat Kampung Cidarma, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal akan mencanangkan Kampung Cidarma sebagai kampung gula aren.

Gagasan itu dikemukakan oleh warga, karena warga Kampung Cidarma kebanyakan merupakan pengolah gula aren. Pekerjaan ini telah dilakukan secara turun temurun.

Tokoh masyarakat setempat yang juga pengolah gula aren, Atang menyebutkan, dengan dicanangkannya sebagai kampung gula aren, akan memacu warga terus memproduksi gula aren.

Baca Juga: Batu Sebesar Kerbau Bekas Galian di Atas Pemukiman Meresahkan Warga

Ia mengakui gula aren asal kampung Cidarma memiliki kualitas yang baik. Karena bahan baku aren dan pengolahannya benar-benar dilakukan ahlinya.

"Dari ratusan tahun Karuhun kami mengolah aren menjadi gula. Kami bisa memenuhi kebutuhan juga dari bertani dan membuat gula," ujar Atang, Kamis (29/10/202).

Saat ini, kata Atang, di Kampung Cidarma juga dibentuk paguyuban perajin gula aren. Kemudian sedang merintis UMKM khusus pengrajin gula aren.

Baca Juga: Gas Melon Langka, Pemda Pangandaran Gelar Operasi Pasar

"Sekarang juga banyak perajin gula yang mendapat bantuan BPUM yang nominalnya Rp2.4 juta. Mudah-mudahan ini untuk modal awal kami untuk meningkatkan produksi gula. Sehingga nantinya bisa terwujud bahwa Cidarma menjadi kampung gula," tuturnya.

Diharapkan setelah menjadi kampung gula ke depannya bisa mewujudkan masyarakat Cidarma sejahtera.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x