Perbedaan si Tiga Bersaudara Antara Dukuh, Langsat dan Kokosan

- 28 Februari 2021, 21:51 WIB
Ilustrasi buah dukuh.
Ilustrasi buah dukuh. /Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

PRIANGANTIMURNEWS- Negara Indonesia identik dengan keanekaragaman yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Keanekaragaman tersebut sering disebut sebagai kembaran tapi berbeda. Hal ini sering terjadi khususnya pada buah-buahan yang tumbuh di Indonesia, sebut saja buah dukuh, langsat, dan kokosan.

Ketiga buah tersebut memiliki tekstur yang sama sehingga sering disebut sebagai tiga buah kembar bersaudara. Padahal memiliki banyak perbedaan yang tidak diketahui oleh seluruh kalangan masyarakat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Rayakan Ulang Tahun Putra Bungsunya dengan Tema Pramuka

Dilansir dari berbai sumber, inilah perbedaan dan penjelasan antara dukuh, langsat, kokosan.

Pertama, Dukuh. Buah Dukuh dalam bahasa ilmiah dikenal dengan ‘L. Domesticum var.duku’ biasanya pohon dukuh terlihat besar dan padat, sementara daunnya rimbun dan berwarna hijau cerah.

Buah dukuh tidak memiliki getah, berbentuk bulat besar dan kecil tapi memiliki kulit yang agak tebal. Biji yang terdapat di buah dukuh cenderung kecil dan dagingnya yang tebal dengan rasa manis atau masam. Dukuh memiliki kandungan air yang sedikit, tapi memiliki serat yang tinggi, berkadar vitamin A, Antioksida, viatamin B.

Baca Juga: Presiden RI Pergi ke DIY untuk Meninjau Vaksinasi Massal

Nutrisi yang terkandung dalam buah duku dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, mencegah sembelit, terlindung dari radikal bebas, membantu pertumbuhan produksi sel darah merah, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x