MISTERI Pulau Penjara Nusakambangan, Penuh dengan Kisah Mistis Bertemu Para Arwah Tahanan Lapas

- 17 Mei 2022, 20:49 WIB
LAPAS Nusakambangan.*/ EVIYANTI/PR
LAPAS Nusakambangan.*/ EVIYANTI/PR /EVIYANTI/PR/

PRIANGANTIMURNEWS- Akhir-akhir Nusakambangan bukanlah pulau biasa. Sejak era kolonial awal abad 20, pulau ini resmi dijadikan penjara dengan pengamanan ketat.

Namun jauh sebelum menjadi pulau penjara Nusakambangan telah lama dikenal sebagai pulau angker.

Pulau ini sudah dikenal keramat bagi keluarga istana dinasti Mataram dan kerap dijadikan tempat untuk melakukan ritual.

Pulau ini dipercaya pusat ibukota makhluk halus yang membawahi seluruh wilayah di tanah Jawa yang dikuasai oleh sesosok makhluk halus Bethari Durga dan konon di pulau ini terdapat bunga Wijayakusuma yang berarti bunga kemenangan.

Baca Juga: Penjelasan BMKG Saat Suhu Udara Terasa Panas di Malam Hari

Bunga Wijayakusuma dipercaya mampu mengembalikan Tahta Amangkurat 1 yang kala itu dalam pelarian ke Tegal karena istana Kartasura diduduki oleh Trunojoyo.

Sejak itu Pulau Nusakambangan pun dikenal sebagai pulau bunga-bungaan hingga pada tahun 1836 orang-orang Belanda mulai membangun pulau ini sebagai benteng pengawasan sekaligus pertahanan dari ancaman bajak laut.

Namun pada tahun 1852 wabah malaria melandah Nusakambangan dan menelan banyak korban jiwa mereka tak lain telah penduduk pribumi yang dipekerjakan untuk membangun pulau sebagai gantinya didatangkan lah ratusan narapidana dari berbagai wilayah untuk melanjutkan pembangunan benteng.

Selain benteng bangunan penjara untuk menampung 300 orang pun mulai didirikan di sini. Sejak itulah Pulau Nusakambangan mulai digunakan untuk memenjarakan orang dan ditetapkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda sebagai pulau buy.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube Daftar Populer


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x