Soeharto dan Tirakat Sendang Semanggi

- 27 Mei 2022, 21:56 WIB
Mantan Presiden RI Soeharto.
Mantan Presiden RI Soeharto. /ANTARA

PRIANGANTIMURNEWS- Sendang Semanggi terletak di Desa Sambungan, kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih 20 kilo meter.

Akses ke tempat ini cukup mudah karena prasarana jalan yang tersedia sudah cukup bagus. Sendang Semanggi tersebut pertama kali ditemukan oleh mendiang Marto Pangarso, seorang spiritualis yang mendapatkan wangsit sekitar tahun 1940..

Untuk menelusuri Gunung Sempu dan mendapati sebuah Sendang. Kemudian, ia membangun sebuah padepokan di sana sebagai tempat tinggal, meninggalkan rumahnya yang terletak di Nataprajan.

Baca Juga: Kasus Subang Terbaru: Bungkus Nasi Goreng Belum Terkuak Pemiliknya Siapa

Sendang tersebut kemudian dipergunakan sebagai tempat tirakatnya dengan kungkum (berendam). Sendang yang ditemukan ini semual diberi nama Sendang Titis yang berarti jitu atau tepat sasaran karena dianggap menjadi tempat yang memberikan wangsit jitu.

Kalau kemudian dinamakan Sendang Semar, itu karena orang beranggapan bahwa disekelilingnya tersebut banyak ditumbuhi tanaman Semanggi.

Sendang Semanggi dengan luas sekitar 2x2 meter dengan kedalaman 1,5 meter ini dinaungi oleh tiga pohon, yakni beringin, pohon pamrih, dan pohon sambi sehingga kelihatan teduh dengan air yang sangat jernih.

Didalam pendopo padepokan kita dapat melihat lukisan foto Romo Marto yang diapit oleh foto Romo Djat dan Romo Budi Utomo.

Kalangan kebatinan Jawa tahu, Sendang itu pernah melintas dalam kehidupan kebatinan Soeharto.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x