Alasan Mistis Nama Kusno Sosrodihardjo Diganti Menjadi Soekarno

- 5 Agustus 2022, 15:57 WIB
 Presiden Soekarno saat melantik TB Simatupang/antara foto
Presiden Soekarno saat melantik TB Simatupang/antara foto /

PRIANGANTIMURNEWS- Soekarno lahir dengan nama Kusno Sosrodihardjo. Namun, alasan mistis membuatnya harus diganti menjadi Soekarno.

Kenapa nama Kusno Sosrodihardjo diganti menjadi Soekarno, dalam kepercayaan masyarakat Jawa seorang anak yang sering sakit-sakitan mengindikasikan bahwa ia tidak mampu mengemban nama yang diberikan sehingga harus diganti namanya.

Sewaktu kecil, Soekarno diserang penyakit malaria, disentri, dan beberapa penyakit lain. Alasan sakit ini membuat Kusno Sosrodihardjo harus diganti namanya.

Baca Juga: Profil Kang Tae-oh Aktor yang Kini Sedang Trending dalam Drakor Extraordinary Attorney Woo

Ayahnya sebagai keturunan Jawa mempercayai bahwa nama Kusno Sosrodihardjo tidak cocok untuk putra tercintanya, maka namanya diganti menjadi Soekarno.

Ayah Soekarno adalah pengagum Mahabharata, sebuah cerita klasik di tanah Jawa. Ketika Soekarno hendak diganti namanya, ayahnya berkata,"Kus, engkau akan kuberi nama Karna. Karna adalah salah seorang pahlawan terbesar dalam cerita Mahabarata,".

Kusno menjawab, kalau begitu, "Karna tentu seorang yang sangat kuat dan sangat besar."Kusno kegirangan mendengarnya. Ayahnya mengiyakan pernyataan Kusno.

Baca Juga: Jadwal Film Pengabdi Setan 2: Communion di Bioskop Kota Tasikmalaya dengan Harga Tiketnya

Ayahnya menambahkan, Karna adalah sosok yang setia pada kawannya dan keyakinannya, dengan tidak pedulikan akibatnya.

Selain itu, Karna tersohor karena keberaniannya dan kesaktiannya. Karna adalah pejuang bagi negaranya dan salah seorang patriot yang saleh.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x