Beberapa Kali Lolos dari Pembunuhan, Apakah Presiden Soekarno Memiliki Kesaktian?

- 6 Agustus 2022, 14:14 WIB
Presiden Soekarno yang namanya dijadikan nama masjid di Rusia
Presiden Soekarno yang namanya dijadikan nama masjid di Rusia /Tangkap layar: kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id

RIANGANTIMURNEWS- Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno enam kali lolos dari pembunuhan, banyak masyarakat menilai bahwa sang putra fajar memiliki kesaktian.

Soekarno enam kali lolos dari pembunuhan di beberapa lokasi dari mulai Sekolah putranya Guntur dan Megawati, hingga terjadi di Istana Kepresidenan.

Saat Soekarno melaksanakan sholat Ied, dan lemparan granat beberapa kali, namun enam kali percobaan pembunuhan tersebut lolos dari maut.

Baca Juga: Apa itu Puasa Tasua dan Asyura? Dan Bagaimana Niat Puasanya?

Kisah yang menceritakan tentang Presiden Soekarno yang lolos dari pembunuhan diantaranya.

Pertama, Penggranatan di Cikini, peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 November 1957 di Cikini. Pada saat itu, Soekarno tengah menghadiri peringatan ulang tahun yayasan perguruan Cikini.Guntur dan Megawati adalah murid SD yayasan tersebut.

Soekarno sempat meninjau dan mengelilingi disana sekitar 25 menit. Ketika pulang, tiba-tiba terdengar ledakan hebat di belakang diketahui sebagai ledakan granat yang dilempar dari sekolah.

Para pelakunya adalah Yusuf Ismail, Saadon bin Muhammad, Tasrif bin Husein, dan Moh. Tasin bin Abu Bakar. Mereka pun di bekuk dan dihadapkan ke pengadilan militer, lantas dijatuhi hukuman mati pada 28 April 1958.

Baca Juga: Rizwan Fadilah Maksa Ingin Dijodohkan dengan Alleia, Anak Semata Wayang Ariel NOAH

Kedua, Penembakan dengan pesawat MIG-17 ke istana Negara. Pada tanggal 9 Maret 1960, Soekarno sedang berada di Istana Merdeka. Sebuah pesawat terbang MiG-17 terbang rendah dan meluncurkan roket tepat mengenai Istana Merdeka.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x