Sejarah Keju di Dunia, Berawal dari Tak Sengaja, Akhirnya Mendunia

- 27 Februari 2023, 16:39 WIB
Berikut sejarah keju yang mendunia.
Berikut sejarah keju yang mendunia. /pexels/Polina Tankilevitch/

PRIANGANTIMURNEWS- Keju merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu. Sejarah keju konon sudah hadir jauh-jauh hari sebelum zaman kerajaan, zaman logam, hingga zaman senjata ditemukan.

Saat mengetahui awal sejarah keju, mungkin Anda akan cukup terkejut dibuatnya. Karena, sejarah keju ini sendiri dimulai pada tahun 8000 sebelum masehi! Ya, jauh lama sekali.

Dirangkum dari youtube TED-Ed, keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang peternak di zaman Neolitikum. Ia merupakan peternak yang tinggal dan mengurus kambingnya di daerah Mesopotamia.

Baca Juga: Barito Putera VS Persib, Inilah 3 Pemain Maung Bandung yang Akan Jadi Pembeda di Lapangan!

Saat peternakannya berkembang, ia bisa memelihara beberapa kambing yang jinak. Peternak ini secara berkala memerah susu kambing yang dipeliharanya.

Suatu hari, ia menyimpan susu perah tersebut dibawah terik matahari. Setelah beberapa jam ditinggalkan, ia melihat, ada lapisan kuning yang menggumpal di dalam susunya.

Singkat cerita, ia memisahkan gumpalan keju tadi dari sisa cairan susu yang tidak menggumpal (whey). Dari penemuan ini, ia dan orang-orang di sekitarnya lantas mendapati bahwa gumpalan lapisan kekuningan tadi (yang menjadi cikal bakal keju), bisa dimakan dan digunakan sebagai olesan untuk makanan mereka.

Baca Juga: Viral! Lomba Melamun di Tasikmalaya, Intip Manfaat Melamun Biar Makin Kreatif, Terbukti Secara Ilmiah!

Susu itu sendiri mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, didalam susu terdapat laktosa, gula yang tidak mudah dicerna oleh manusia zaman dulu maupun zaman sekarang. Dengan hadirnya keju, manusia bisa mendapat semua manfaat susu, dengan tingkat laktosa yang lebih rendah.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x