Serangan Israel di Gaza Memasuki Hari Kedua, 20 Warga Palestina Tewas, dan Ratusan Lainnya Terluka

- 11 Mei 2021, 17:13 WIB
Kolase foto serangan roket Israel di Gaza pada Selasa dini hari, 11 Mei 2021, dan serangan tentara Israel di Yerusalem pada hari sebelumnya
Kolase foto serangan roket Israel di Gaza pada Selasa dini hari, 11 Mei 2021, dan serangan tentara Israel di Yerusalem pada hari sebelumnya /Twitter/@Reuters/Mussa Qawasma/

PRIANGANTIMURNEWS- Israel menembakkan rentetan roket tanpa henti ke Palestina, ketika menggempur Gaza dengan serangan udara hingga dini hari Selasa, 11 Mei 2021 dalam eskalasi bentrokan yang dramatis di Yerusalem.

Ledakan mengguncang gedung-gedung di seluruh Gaza dan sirene roket mengirim orang-orang Israel di banyak kota di selatan untuk terus menyerang. 20 warga Palestina tewas dan ratusan orang terluka dalam serangan udara, kata pejabat Palestina.

Sembilan anak termasuk di antara 20 orang yang tewas di Gaza pada hari Senin, dan puluhan roket diluncurkan ke Gaza, banyak yang dicegat oleh pertahanan rudal.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Mengecam Tindakan Israel, Desak PBB Ambil Tindakan

Peristiwa itu dilancarkan oleh militan Gaza yang menembaki wilayah Yerusalem untuk pertama kalinya sejak perang 2014, melintasi apa yang disebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai "garis merah".

Meningkatnya kekerasan yang terjadi saat Israel merayakan "Hari Yerusalem", menandai penanaklukan mereka atas Yerusalem Timur dalam perang Arab-Israel tahun 1967.

Eskalasi dimulai sejak hari Jumat dengan konfrontasi di Masjid Al-Aqsa di jantung Kota Tua yang bertembok di kompleks yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount dan bagi Muslim sebagai Tempat Suci - situs paling sensitif dalam konflik Israel-Palestina.

Baca Juga: Ustadz Teungku Zulkarnain Meninggal, Yusril: Dia Sudah Seperti Adik Saya

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan lebih dari 300 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi Israel, yang menembakkan peluru karet, granat kejut dan gas air mata di kompleks tersebut. Polisi mengatakan 21 petugas terluka dalam pertempuran itu.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x