Presiden AS Menghubungi Benjamin Netanyahu, Joe Biden: Israel Memiliki Hak untuk Membela Diri

- 13 Mei 2021, 09:55 WIB
Kolase Foto Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Kolase Foto Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu /Instagram/@joebiden/@b.netanyahu/

PRIANGANTIMURNEWS- Departemen Luar Negeri AS telah menyerukan "ketenangan" dan "de-eskalasi di semua sisi" di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina.

Presiden Joe Biden mengatakan dia mengharapkan kekerasan di Israel dapat berakhir "lebih cepat daripada nanti," dan ia juga sekaligus mengatakan bahwa "Israel memiliki hak untuk membela diri", setelah ia menghubungi Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu pada hari Rabu, 12 Mei 2021.

"Harapan dan harapan saya adalah bahwa ini akan berakhir lebih cepat daripada nanti," kata Presiden AS kepada wartawan pada hari Rabu setelah percakapannya dengan PM Israel seperti dilaporkan Independent pada hari tersebut.

Baca Juga: Komandan di Kota Gaza, Bassam Issa Tewas akibat Serangan Udara Israel, Konflik Palestina Semakin Memanas

“Dia mengutuk serangan roket Hamas dan kelompok teroris lainnya, termasuk terhadap Yerusalem dan Tel Aviv. Dia menyampaikan dukungannya yang tak tergoyahkan untuk keamanan Israel dan untuk hak sah Israel untuk membela diri dan rakyatnya, sambil melindungi warga sipil," kata pembacaan resmi seruan antara para pemimpin tersebut. “Dia juga menyampaikan dorongan Amerika Serikat tentang jalan menuju pemulihan ketenangan yang berkelanjutan.”

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataannya melalui akun instagram dan twitter pribadinya @B.Netanyahu pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Dalam pernyataannya tersebut Netanyahu mengatakan: "Saya berbicara dengan Joe Biden dan berterima kasih kepadanya atas dukungan Amerika untuk kemenangan pertahanan diri Israel. Saya mengatakan bahwa Israel akan terus bekerja untuk melumpuhkan militer Hamas dan organisasi lainnya yang berada di Gaza."

Baca Juga: Reaksi Dunia dan Lembaga Internasional terhadap Pertempuran Israel dan Palestina

Pemerintahan Biden dilaporkan bekerja di belakang layar dengan Mesir untuk mendorong de-eskalasi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Independent


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x