BMKG Jepang Beri Peringatan Ancaman Tsunami Usai Gunung Semeru Erupsi

- 5 Desember 2022, 16:26 WIB
BMKG Jepang Beri Peringatan Ancaman Tsunami Usai Gunung Semeru Erupsi
BMKG Jepang Beri Peringatan Ancaman Tsunami Usai Gunung Semeru Erupsi /Antara Foto

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Meteorologi Jepang memperingatkan ancaman timbulnya tsunami di wilayah Jepang akibat erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu 4 Desember 2022 kemarin.

Japan Meteorological Agency menuturkan gelombang tsunami bisa mencapai Prefektur Okinawa secepat-cepatnya sekitar 05.30 GMT.

Selain itu, badan cuaca Jepang juga memperingatkan bahwa tsunami dapat tiba di Pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan Okinawa sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

Baca Juga: Prediksi Brasil vs Korea Selatan Lengkap Dengan Link Live Streaming Piala Dunia 2022

Diketahui Gunung Semeru erupsi sekitar pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak gunung sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

PVMBG Badan Geologi ESDM kini telah menaikkan status Gunung Semeru dari Siaga menjadi Awas. Kenaikan dari level 3 siaga ke level 4 itu terhitung mulai siang ini.

Baca Juga: CATAT!! Jadwal Liga 1 Mulai Hari Ini, Jadwal Padat Persib, Ciro Alves Tak Sabar dan Siap Habis-Habisan!!

Kenaikan mulai pukul 12.00 WIB kemarin. Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan mengimbau tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: The Sun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x