Sebut Sebagai Tindakan Balasan, China Tangguhkan Penerbit Visa Jangka Pendek untuk Korea Selatan dan Jepang

- 11 Januari 2023, 23:15 WIB
Ilustrasi Visa - China menangguhkan penerbitan visa jangka pendek untuk warga Korea Selatan dan Jepang, sebut tindakan balasan. /Pixabay/jaydeep_/Pixabay
Ilustrasi Visa - China menangguhkan penerbitan visa jangka pendek untuk warga Korea Selatan dan Jepang, sebut tindakan balasan. /Pixabay/jaydeep_/Pixabay /


PRIANGANTIMURNEWS - China telah menangguhkan penerbitan visa jangka pendek untuk warga negara Korea Selatan dan Jepang.


Tindakan tersebut sebagai pembalasan nyata terhadap pembatasan Covid-19 oleh Korea Sekatan dan Jepang yang diberlakukan pada pelancong China setelah lonjakan kasus virus corona di negara tersebut.

Korea Selatan dan Jepang bergabung dengan puluhan negara yang telah memberlakukan pembatasan perjalanan baru pada kedatangan dari China.

Baca Juga: Seorang Balita di Depok Disandera Ayahnya yang Diduga ODGJ!

Pembatasan diterapkan karena kekhawatiran tentang meningkatnya infeksi setelah Beijing mengubah kebijakan "nol Covid" yang ketat bulan lalu menyusul protes yang meluas.

Beijing mengatakan pembatasan warga negaranya diskriminatif dan tidak berdasarkan sains.

“Kedutaan dan konsulat China di Korea akan menangguhkan penerbitan visa jangka pendek untuk warga negara Korea,” kata kedutaan Beijing di Seoul, dikutip Priangantimurnews dari Al Jazeera.

Mereka menambahkan bahwa tindakan tersebut akan disesuaikan lagi sejalan dengan pencabutan larangan masuk yang diskriminatif terhadap China oleh Korea Selatan.

Kedutaan Besar Beijing di Tokyo mengumumkan dalam pernyataan singkat bahwa penerbitan visa untuk warga negara Jepang juga akan dihentikan, tanpa memberikan alasan khusus atau indikasi berapa lama tindakan itu akan berlangsung.

Baca Juga: Lukas Enembe Resmi Ditangkap KPK, Polri Minta Warga Papua Tetap Kondusif

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x