Gempa Bumi Dahsyat Guncang Turki, Total Korban 118 Orang Meninggal dan 640 Terluka

- 6 Februari 2023, 14:20 WIB
Evakuasi korban guncangan gempa bumi dahsyat yang terjadi di Turki, berdampak ke negara Suriah. Evakuasi dilakukan oleh The White Helmets di Suriah, di unggah di Twitter @SyriaCivilDef.
Evakuasi korban guncangan gempa bumi dahsyat yang terjadi di Turki, berdampak ke negara Suriah. Evakuasi dilakukan oleh The White Helmets di Suriah, di unggah di Twitter @SyriaCivilDef. /

PRIANGANTIMURNEWS- Turki mengalami guncangan gempa bumi dahsyat pada hari Senin, 6 Februari 2023 tepatnya pukul 04:17 waktu setempat dengan skala kekuatan 7,8 magnitudo.

Gempa tersebut dilaporkan oleh Survei Geologi AS (USGS) berpusat di kedalaman 17,9 Kilometer yang berlokasi di tujuh kilometer dati kota Gaziantep di bagian selatan Turki.

Gempa bumi dahsyat yang tergolong dangkal tersebut telah meluluhlantakkan Turki dan Suriah, hingga guncangannya terasa sampai Siprus, Mesir, Yunani, dan Lebanon.

Baca Juga: Memalukan, Dua Orang Wanita Terekam CCTV Mencuri di Sebuah Warung, Ternyata Cuma Ngambil Ini

Jumlah korban tercatat dari dua negara Turki dan Suriah mencapai 187 korban meninggal dan 956 diantaranya luka parah hingga ringan.

Rincian detail korban diantaranya 76 korban meninggal di Turki dan 111 korban meninggal di Suriah. Sementara korban luka di Turki mencapai 440 orang dan di Suriah 516 orang.

Laporan tersebut masih sementara, diperkirakan korban meninggal dan luka masih terus bertambah seiring evakuasi yang dilakukan di kedua negara.

Baca Juga: Ukraina Klaim Negara NATO De Facto, Rusia Diminta Waspada Terhadap Ancamannya

Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan Turki (AFAD) memang menyampaikan bahwa gempa yang terjadi tidak jauh dari perbatasan dengan Suriah.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x