KBRI Ankara: 123 WNI Berhasil Dievakuasi, Seorang Ibu Meninggal Bersama Bayinya

- 9 Februari 2023, 10:33 WIB
Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal (kiri) tengah menyampaikan arahan kepada korban terdampak bencana gempa Turki saat evakuasi 123 WNI
Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal (kiri) tengah menyampaikan arahan kepada korban terdampak bencana gempa Turki saat evakuasi 123 WNI /Antara/


PRIANGANTIMURNEWS - Sebanyak 123 Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi. Namun seorang ibu bersma bayinya meninggal dunia.

Laporan tersebut disampaikan oleh Lalu Muhammad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki yang turut melakukan evakuasi terhadap WNI yang terdampak gempa Turki berkekuatan 7,8 Magnitudo.

Dalam laporan sebelumnya 104 WNI berhasil dievakuasi, hingga saat ini total sudah bertambah sebanyak 19 orang. Termasuk di antaranya dua warga berkebangsaan Malaysia dan satu warga berkebangsaan Myanmar.

Baca Juga: Dengan Sekali Sentuh, Mahasiswa Ini Bantu Selamatkan Mobil Pedagang Tahu Bulat yang Terbakar

Iqbal menyampaikan bahwa tim evakuasi WNI terdiri dari bagian Konsuler Pelindung WNI, Atase Pertahanan dan Perbinlu yang merupakan pejabat Badan Intelijen Negara.

Evakuasi dilakukan di empat titik yang paling terdampak akibat gempa yang terjadi pada 6 Januari 2023 tersebut.

Pasca evakuasi tersebut, Iqbal meminta para korban untuk segera mengabari keluarga mereka di Indonesia yang tentunya khawatir atas keselamatannya.

"Alhamdulillah, sesuai perintah Presiden melalui Menlu RI, tim KBRI telah tiba titik lokasi gempa untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan mengevakuasi WNI yang terdampak ke Ankara," ucap Iqbal.

Baca Juga: Korban Jiwa Gempa Turki Tembus Angka 12 Ribu , Jadi Guncangan terparah Kedua Sejak Tahun 1999

Ayu Fira, WNI yang berasal di Provinsi Hatay yang menjadi lokasi terdampak korban jiwa yang sangat banyak sempat tak dapat dihubungi. Namun akhirnya sudah ditemukan selamat.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x