Cerita Dibalik Pembangunan Masjid Istiqlal Osaka

- 7 Maret 2023, 06:04 WIB
Herizal Adhardi, Ketua Yayasan Masjid Istiqlal Osaka/Groovy Japan
Herizal Adhardi, Ketua Yayasan Masjid Istiqlal Osaka/Groovy Japan /

PRIANGANTIMURNEWS – Setelah diresmikan pada hari Senin, 6 Maret 2023 lalu, Masjid Istiqlal Osaka menyimpan cerita perjuangan dari teman-teman Muslim yang bekerja keras dibaliknya.

Sejak pemerintah Jepang menjadikan inbound sebagai salah satu sektor pertumbuhan ekonomi, banyak perusahaan penerbangan yang memberikan promosi tiket perjalanan pulang-pergi murah bagi negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Akibatnya, jumlah wisatawan dari negara-negara Asia Tenggara pun meningkat, dimana banyak dari mereka menganut agama Islam.

Baca Juga: Lazio vs AZ Alkmaar di Conference League: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Selain karena meningkatnya turis Muslim yang mengunjungi Osaka, pertumbuhan populasi muslim di Osaka pun mengalami peningkatan.

Berdasarkan data pada tahun 2017, dari 5.679 orang Indonesia yang hidup di wilayah Kansai (Osaka, Hyogo, Kyoto, Shiga, Nara, Wakayama), 70% diantaranya memeluk agama Islam.

Gagasan untuk mendirikan masjid yang baru semakin kuat manakala menimbang kebutuhan umat Muslim Indonesia yang ada di Jepang.

Mereka memerlukan tempat yang memadai untuk berkumpul saat momen-momen istimewa seperti Idul Adha dan Idul Fitri. Selama ini, mereka harus menyewa tempat yang luas dengan merogoh kocek yang tidak sedikit.

Baca Juga: Bayern Munchen vs Paris Saint-Germain di Liga Champions: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Website resmi Mesjid Istiqlal Osaka dan Groovy Japan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x