Pemimpin Serikat Pekerja Global dipecat Karena Hubungan Skandal Korupsi UE

- 13 Maret 2023, 10:00 WIB
Bendera Uni Eropa
Bendera Uni Eropa /Pixabay/Ralphs_Fotos/


PRIANGANTIMURNEWS - Sekretaris jenderal serikat internasional ITUC telah dipecat dari jabatannya karena hubungannya dengan skandal korupsi Parlemen Eropa yang melibatkan Qatar, kata konfederasi itu.

Luca Visentini ditangkap pada bulan Desember sebagai bagian dari penyelidikan atas dugaan korupsi di antara anggota parlemen yang melibatkan Qatar dan Maroko.

Orang Italia berusia 54 tahun, yang ditahan selama dua hari kemudian dibebaskan, tetapi tetap menjadi tersangka, diskors oleh dewan Konfederasi serikat buruh internasional pada bulan Desember.

Baca Juga: Moises Caicedo Memberi Petunjuk Transfer Arsenal di Instagram setelah gagal pindah di Januari

Dewan memutuskan pada hari Sabtu bahwa dia "tidak lagi mendapat kepercayaan dari Dewan Umum" dan akan dicopot dari jabatannya.

"Peristiwa beberapa bulan terakhir telah menyebabkan kerusakan signifikan pada reputasi ITUC," kata Akiko Gono, presiden badan tersebut, yang memfederasi 338 serikat pekerja di 168 negara dan teritori di seluruh dunia.

"Kami bertekad untuk melindungi ITUC dari segala bentuk pengaruh yang tidak patut, atau memang munculnya pengaruh tersebut."

ITUC juga mengatakan sebuah laporan dari komisi khususnya dan auditor eksternal tidak menemukan "bukti sumbangan dari Qatar atau Maroko yang mempengaruhi kebijakan atau program ITUC".

Baca Juga: Leandro Trossard membuat Rekor Baru Liga Premier yang menakjubkan dalam kemenangan 3-0 Arsenal melawan Fulham

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x