Erdogan Semakin Unggul: Sinan Ogan Balik Beri Dukungan di Pilpres Turki Putaran Kedua

- 23 Mei 2023, 20:45 WIB
Calon Presiden Turki ketiga, Sinan Ogan (kiri) berbalik mendukung Recep Tayyip Erdogan (kanan) dalam Pilpres Turki putaran kedua yang dilaksanakan pada 28 Mei 2023./cordova.media
Calon Presiden Turki ketiga, Sinan Ogan (kiri) berbalik mendukung Recep Tayyip Erdogan (kanan) dalam Pilpres Turki putaran kedua yang dilaksanakan pada 28 Mei 2023./cordova.media /

PRIANGANTIMURNEWS - Calon Presiden Turki ketiga, Sinan Ogan memutuskan untuk berbalik memberi dukungan pada Calon Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) putaran kedua.

Dalam putaran sebelumnya, Sinan Ogan hanya mendapatkan 5,17 persen suara rakyat Turki. Membuatnya secara alami gugur dalam pemilihan Pilpres kedua yang akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Mei 2023.

Namun perannya kali ini, akan dianggap sebagai 'Kingmaker' atau 'Key Players' dari Partai Gerakan Nasional (MHP). Menjadi penentu karpet merah kemenangan salah satu calon Presiden Turki.

Baca Juga: Fenerbahce vs Trabzonspor di Super Lig Turki: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Sebab selisih persentase suara antara Recep Tayyip Erdogan dari Partai Keadilan Pembangunan (AKP) dengan saingannya Kemal Kilicdaroglu dari Partai Republik Rakyat (CHP).

Erdogan mendapatkan 49,52 persen suara. Sementara Kilicdaroglu, mendapatkan 44,88 persen suara.

Putaran kedua harus dilakukan,sebab belum ada calon yang menginjak angka 50 persen suara mayoritas sebagai syarat yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan.

Dengan berpihaknya Ogan pada Erdogan, persentase kemenangan AKP akan meningkat dan koalisi akan semakin percaya diri.

Baca Juga: 5 Strategi Erdogan dalam Pemenangan Pemilu Turki 2023

Sinan Ogan menyebut bahwa keputusan berat tersebut dipilih demi menjaga stabilitas Turki di masa yang akan datang.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x