Gubernur Jabar Minta Masyarakat Jangan Ragu untuk Divaksin Covid-19, Fatwa Halal MUI Sudah Turun

- 13 Januari 2021, 06:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR/

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin dan mengeluarkan fatwa halal vaksin Sinovac. Maka masyarakat diminta jangan ragu lagi untuk dibandingkan Covid-19.


Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tak ada lagi kekhawatiran soal vaksin sinovac yang akan mulai disuntikkan Kamis (14/1/2021) ini.

Terkait vaksinasi, kata Ridwan, dia berharap jangan ada berita hoaks karena sumber kekhawatiran sudah terjawab. 


"Jika khawatirnya urusan klinis kesehatan maka BPOM sudah memberikan izin kemarin, jika urusan kehalalan maka MUI sudah mengeluarkan fatwa. Jadi tidak ada alasan untuk meragukan," ucap dia usai meninjau kesiapan Secapa AD, Kota Bandung, Selasa (12/1/2021). 

Dan berdasarkan Undang-Undang No 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular semua yang sudah diwajibkan mendapat vaksin maka tidak boleh menolak. 

"Kalau menolak maka dianggap membahayakan keselamatan masyarakat dan negara, oleh karena itu ada denda sampai jutaan yang tentunya tidak kita inginkan," ujar dia. 


Ditegaskan Ridwan, saat ini pihaknya fokus pada penyelesaian vaksinasi walaupun yang namanya vaksin tidak 100 persen bisa menyelesaikan masalah Covid-19, harus dikombinasi tetap dengan 3M.


"Jadi 3M tidak boleh berhenti walaupun vaksin itu disuntikkan pada kita sampai tidak ada pengumuman bahwa tidak ada lagi status pandemi di republik ini," kata dia. 


Dia menambahkan, vaksinasi akan dilakukan di hari Kamis besok kalau tidak ada halangan yang akan dilakukan vaksinasi adalah Presiden sesuai arahan dilanjut kepala daerah, gubernur, wali kota tokoh masyarakat sebagai simbol keteladanan.


"Khusus di Jabar, karena saya, Pak Pangdam dan Pak Kajati sudah disuntik maka kami tidak akan melakukan tapi kami akan mendampingi Pak Wakil Gubernur Jabar, Pak Kapolda Pak Ahmad Dofiri juga berkenan menjadi contoh dan ulama juga sudah berapa juga menyatakan kesiapan," kata dia.*** (Novianti Nurulliah/ Pikiran Rakyat)

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x