Tak Bayar THR Secara Full, RS Permata Bunda Tasikmalaya Terancam Kena Saksi Denda 5 Persen

- 28 April 2022, 16:43 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Jabar saat melakukan klarifikasi soal pembaran THR yang tidak full di RS Permata Bunda Tasikmalaya.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Jabar saat melakukan klarifikasi soal pembaran THR yang tidak full di RS Permata Bunda Tasikmalaya. /Edi Mulyana/PrianganTimur

PRIANGANTIMURNEWS - Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI sebelumnya sudah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh perusahaan harus mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR) maksimal H-7 sebelum Idulfitri.

Meski sudah ada imbauan secara tertulis dari Kemenaker ke masing masing daerah termasuk Kota Tasikmalaya. Namun masih terdapat ada perusahaan yang melanggar dan tidak memberikan THR Idul Fitri kepada karyawannya secara full.

Hal itu seperti dilakukan oleh Rumah Sakit Permata Bunda beralamat di Jalan Brigjend Wasita Kusumah Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Diketahui setelah ada karyawan yang mengadu melalui akun resmi kemenaker.go.od.

Baca Juga: Fadhilah atau Keutamaan Sholat Tarawih pada Malam Ke 27 Bulan Ramadhan 1443 H

Atas pengaduannya pun ditanggapi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum yang melakukan sidak ke RS Permata Bunda. Wagub mengatakan, adanya pengaduan THR ini sudah menjadi tanggungjawab kami dari pemerintah untuk menindaklanjut sesuai perintah dari Kemenaker RI.

Sebetulnya ini juga tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawab kami dari Pemerintah Provinsi juga menjadi tanggungjawab daerah dan juga pihak Rumah Sakit Permata Bunda sendiri.

"Kami datang ke sini untuk memastikan kepada pihak RS Permata Bunda, apakah benar THR tidak dikasihkan secara full. Ternyata benar diakui oleh pihak RS Permata Bunda tidak diberikan full."kata Uu kepada prianganturnews.pikiran-rakyat.com Kamis 28 April 2022.

Baca Juga: Ibu dan Kakak Nia Ramadhani juga Diboyong Berlibur ke Disneyland California

Uu mewakili pemerintah sangat memahami kondisi pihak RS Permata Bunda. Namun sisa yang belum diberikan harus ada kepastian untuk diberikan dari pihak RS Permata Bunda. Mengingat semua ini kondisi perekonomian sudah mulai stabil.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak karyawan yang sudah berani melaporkan kepada pemerintah, sehingga ditindaklanjut oleh kami. Kalau tidak ada laporan dari pihak karyawan kami tidak akan tahu." ujar Uu.

Saya imbau kepada para pekerja, buruh atau karyawan kalau ada kejadian serupa seperti RS Permata Bunda silahkan lapor ke kami atau ke Dinas Ketenagakerjaan setempat atau situs resmi kemenaker.go.id.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x