Lanal Bandung Sudah Usulkan Penambahan Alutsista dan Kapal Patkamla untuk Peningkatan Pos AL Pangandaran

- 10 Juni 2022, 11:42 WIB
Dari kiri, Danpos AL Pangandaran Kapten Laut Agus Wadyo, Danlanal Bandung Kolonel (KH/W) Renny Setiowati dan Pasi Intel Mayor Laut E. Wirawan dilokasi acara Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto di Cijulang, Kamis, 9 Juni 2022.
Dari kiri, Danpos AL Pangandaran Kapten Laut Agus Wadyo, Danlanal Bandung Kolonel (KH/W) Renny Setiowati dan Pasi Intel Mayor Laut E. Wirawan dilokasi acara Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto di Cijulang, Kamis, 9 Juni 2022. /PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Dalam rangka penguatan pertahanan dan keamanan wilayah maritim, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) berencana menganalisa kembali Pos Angkatan Laut (POSAL) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati di Pangandaran, Kamis, 9 Juni 2022. Bahkan dirinya juga sudah mengusulkan kepada pimpinan TNI Angkatan Laut untuk penambahan alutsista termasuk kapal patroli jenis Patkamla untuk POSAL Pangandaran.

"Kami sudah usulkan untuk peningkatan POSAL di Pangandaran termasuk penambahan personelnya," kata Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati.

Baca Juga:  Atalia:  Alhamdulillah Eril dalam Keadaan Utuh, Tampan, Wangi, Kekuatan Ikhtiar Memang Maha Dahsyat

Dia menjelaskan, bahwa POSAL Pangandaran termasuk wilayah kerja Lanal Bandung. Dan dirinya sudah menyampaikan kepada pimpinan akan disediakan alutsista di POSAL Pangandaran.

Sebagaimana diketahui bahwa wilayah hukum POSAL Pangandaran sepanjang pesisir pantai Majingklak, pantai Pamayang Tasikmalaya hingga pantai Cikelet Garut berjarak sekitar 200 kilometer lebih dengan jumlah personel 10 orang anggota TNI Angkatan Laut.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, menilai, perlu adanya penguatan alat negara untuk menjaga keamanan wilayah laut di daerahnya. Itu diungkapkan setelah terungkapnya kasus penyelundupan sekitar satu ton di wilayah Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: Jenazah Telah Ditemukan, Nabila Ishma, Kekasih Eril Tulis Pesan Haru : Sebentar Lagi Kita Ketemu Lagii Rill

Menurut Jeje, Pemkab Pangandaran tak mungkin melakukan pengamanan seorang diri. Ia mengatakan, harus ada alat negara yang ikut menjaga, seperti TNI AL dan polisi air.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x