Peningkatan Kesadaran Bahaya Sampah Pesisir dan Laut bagi Generasi Alfa di Pangandaran

- 4 Agustus 2022, 19:10 WIB
Dr. Mutiara Rachmat Putri menyerahkan bantuan dua tong sampah lengkap dengan panduan serta kenang-kenangan kepada Kepala SDN 1 Babakan, Kamis 4 Agustus 2022.
Dr. Mutiara Rachmat Putri menyerahkan bantuan dua tong sampah lengkap dengan panduan serta kenang-kenangan kepada Kepala SDN 1 Babakan, Kamis 4 Agustus 2022. /PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Dosen dan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pelajar SD Negeri 1 Babakan Kabupaten Pangandaran.

Tidak hanya itu, tim juga mengajak pelajar untuk melakukan aksi bersih-bersih di pantai barat Pangandaran.

Kegiatan dengan generasi alfa ini merupakan bagian dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat ITB tahun 2022 yang diketuai oleh Dr. Mutiara Rachmat Putri dari Kelompok Keahlian dan Program Studi Oseanografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Tim yang terlibat di dalam kegiatan ini adalah dosen dan mahasiswa dari KK Oseanografi, perekayasa dari Pusat Riset Laut Dalam BRIN, PIAMARI Pusat Riset Kelautan KKP, guru beserta anak didik dari SD Negeri Babakan 1 dan SMP Negeri 1 Pangandaran, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran.

Tim foto bersama bersama pelajar dan guru SDN 1 Babakan.
Tim foto bersama bersama pelajar dan guru SDN 1 Babakan.

Baca Juga: LPSK Ungkap Permohonan Perlindungan yang Diminta Bharada E, Didasari karena Adanya Ancaman?

Putri menjelaskan, generasi Alfa adalah anak-anak yang lahir di tahun 2010 sampai 2025. Sebutan Generasi Alfa muncul pada tahun 2005, nama ini ditentukan dari hasil survey yang diadakan oleh Mark McCrindle, seorang analis sosial dan demografi.

Pada saat ini lanjut Putri, generasi Alfa telah memasuki masa sekolah dasar (12 tahun), bahkan mungkin telah memasuki usia siswa sekolah menengah pertama.

"Anak-anak pada generasi ini memiliki ciri khas mahir menggunakan teknologi sejak masa kecilnya. Karenanya mereka juga disebut sebagai generasi digital," ujar Putri.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x