HOAX! Hati-hati Penipuan Berupa: Pesan Tagihan PLN di WA

- 28 Desember 2022, 14:29 WIB
Screenshot Postingan Himbauan HOAX dari akun resmi @pln_id/Instagram resmi PLN  @pln_id
Screenshot Postingan Himbauan HOAX dari akun resmi @pln_id/Instagram resmi PLN @pln_id /

PRIANGANTIMURNEWS – Modus penipuan akhir-akhir ini marak di aplikasi pesan media sosial WhatsApp (WA).

Peipuan itu berupa pemerasan, opsi biaya atau tagihan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Setelah sebelumnya kasus penipuan Bank BRI, BCA, dan Bank lain. Kini giliran oknum memakai nama PLN sebagai wadah mereka menipu dalam mendapatkan uang yang tidak halal.

Baca Juga: Simple Plan Bakal Manggung di Indonesia tahun 2023, Simak Jadwal, Harga Tiket dan Tempatnya

Seolah meneror layaknya seekor parasite hidup yang berinang dalam gadget. Mereka akan terus melampirkan tagihan dan tunggakan palsu membuat pemilih HP kadang kesal atau khawatir.

Pesan yang dikirim oleh manusia parasit tersebut menggunakan jebakannya dengan meminta penerima pesan untuk segera mengecek tagihan listrik tersebut melalui file APK yang dikirim lewat Pesan WhatsApp.

Dalam aksinya, manusia parasite tersebut akan mengaku dari PLN dan menggunakan foto profil PLN, melampirkan APK, meminta dipanggil atau langsung melakukan transaksi untuk mengelabui penerima pesan atau pelanggan, sebagaimana dilansir dari saberhoaks.jabarprov.go.id.

Dalam APK tersebut menginformasikan tunggakan pembayaran listrik selama 3 bulan atau lebih yang akan membuat stigma pembaca tiba-tiba kaget bahkan merasa terintimidasi karena apabila tidak segera merespon panggilan atau pesan listrik akan diblokir dan diputus.

Baca Juga: KASUS SUBANG TERKINI: Tidak Bisa Mengelak Yoris Terbukti Bersandiwara?

Aksi ini tentu membuat masyarakat resah dengan adanya pesan berantai yang terus meneror dengan konteks mengatasnamakan Petugas PLN yang meminta pemilik pesan untuk mengecek tagihan listrik melalui APK tersebut dan melakukan transaksi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: saberhoaks.jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x