17 Rumah Terdampak Banjir Bandang Di Kecamatan Padaherang

- 27 Oktober 2020, 21:13 WIB
Peta daerah rawan banjir di wilayah Kab Pangandaran. Peta berdasarkan data tahun 2016.
Peta daerah rawan banjir di wilayah Kab Pangandaran. Peta berdasarkan data tahun 2016. /Sumber Pusdalops BPBD Pangandaran/

PRIANGANTIMURNEWS-
Ada belasan rumah yang terdampak banjir bandang yang terjadi di sebuah saluran air di Desa Pasirgeulis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Selain merubuhkan sebuah bangunan rumah sehingga pasangan suami istri yakni Irut (75) dan Sunarsih (70) warga Dusun Pangasinan RT 21 RW 6 Desa Pasirgeulis meninggal dunia pada Selasa, 27 Oktober 2020 pukul 05.30 WIB, banjir bandang juga membuat 16 rumah milik warga lainnya di tiga dusun di Desa Pasirgeulis (Dusun Pangasinan, Gerewing dan Sambong) terkena banjir lumpur material basah yang terbawa oleh arus banjir bandang sehingga menggenangi pekarangan dan seluruh ruangan di dalam rumah.

Tampak warga yang dibantu oleh tim relawan yang terdiri dari BPBD, Tagana, FKDM dan potensi SAR lainnya membersihkan lumpur material yang menggenangi rumah warga dan beberapa fasilitas umum termasuk akses jalan.

Baca Juga: Diterjang Banjir Bandang Suami Istri Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

Menurut Camat Padaherang Kustiman, itu masih data sementara dan masih banyak lagi pemukiman warga di desa yang ada di wilayah Kecamatan Padaherang yang terkena banjir.

"Kami masih melakukan inventarisasi rumah-rumah warga dan fasilitas umum yang terdampak banjir bandang," ujar Kustiman, Selasa, 27 Oktober 2020.

Bahkan dirinya sudah memberikan himbauan kepada masyarakat melalui pemerintah desa untuk waspada mengingat curah hujan khususnya di daerah pegunungan masih tinggi.

"Ada lima desa di Kec Padaherang yang berada di daerah pegunungan dan memiliki rawan longsor. Saya sudah sampaikan ke para kepala desa untuk segera melaporkan apabila terjadi bencana alam," ucapnya, seraya dirinya menambahkan, seperti dampak gempabumi yang terjadi pada hari Minggu, 25 Oktober 2020 kemarin

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kab Pangandaran juga melaporkan akibat curah hujan yang sangat tinggi pemukiman warga di tiga RT di blok Cinerus, Dusun Cimanggu, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih dan pemukiman warga di Dusun Karangnangka Desa Bojong, Kecamatan Parigi terkena banjir kiriman hingga memasuki rumah warga. Dikabarkan banjir sudah mulai surut.

Perkembangan saat ini, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Pangandaran pun telah memasang posko bencana dan dapur umum di desa Sindangjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kab Pangandaran.

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x