Tips Untuk Orang Tua Dalam Mengenalkan Puasa Kepada Anak Kecilnya

- 15 April 2021, 22:09 WIB
Ilustrasi Ibu dan Ayah sedang mengajarkan kepada anaknya.
Ilustrasi Ibu dan Ayah sedang mengajarkan kepada anaknya. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS– Bagi seorang orangtua memiliki kewajiban untuk mendidik dan mengajarkan anak mereka untuk menjadi lebih baik, dan memahami banyak hal.

Termasuk mengajarkan anak untuk melakukan ibadah puasa. Bagi seorang ibu, atau ayah, harus mulai mengajarkan anak kecil mereka untuk dapat memahami tentang ibadah puasa.

Mengajarkan anak kecil dalam suatu hal harus memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan dimengerti oleh anak-anak.

Maka untuk mengatasi persoalan itu, Psikolog klinis anak dan remaja dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Andini Sugeng mengatakan, mengenalkan anak dengan berpuasa memiliki berbagai tahapan.

Baca Juga: Banjir Bandang Melanda Ciamis, Puluhan Rumah di Tiga Desa Terendam Banjir

Dimulai dari siapa saja yang berpuasa, apa yang dilakukan saat puasa, kapan waktunya dan bagaimana cara melakukannya.

"Pertama, anak harus tahu dan pernah mendengar kata puasa itu sendiri. Dia juga akan nanya soal durasi, kalau baru awal dan supaya tidak membuat anak takut pada kata puasa dan menjadi berat, latihannya bertahap," ujar Andini dikutip dari Antara, Kamis 15 April 2021.

Untuk mengajarkan anak yang baru pertama kali memulai puasa, orangtua bisa memberikan penjelasan melalui contoh yang konkrit atau dapat dilihat serta dirasakan anak, bukan berdasarkan telaah yang abstrak.

"Penjelasan yang konkrit itu yang anak-anak bisa rasakan, puasa itu secara manfaat baik untuk kesehatan karena perut butuh istirahat dan nanti ada waktunya makan. Pokoknya yang sifatnya fisik dan kelihatan," kata Andini.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x