Ini 6 Tips agar Tumit Tidak Lecet saat Pakai Sepatu

- 21 Maret 2022, 06:56 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami lecet tumitnya saat memakai sepatu. Ini cara mengatasinya
Ilustrasi orang yang mengalami lecet tumitnya saat memakai sepatu. Ini cara mengatasinya /orami/

PRIANGANTIMURNEWS- Kaki yang lecet dapat membuat sakit saat berjalan. Hal ini bisa dicegah dengan memahami tips agar tumit tidak lecet saat pakai sepatu.

Pernahkah merasakan sepatu kekecilan yang berujung luka pada sekitar tumit? Selain tidak nyaman, ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips agar tumit tidak lecet saat pakai sepatu, antara lain:

1. Tempelkan Plester
Ini mungkin solusi yang paling umum dan klasik untuk mencegah tumit yang lecet. Namun, ini bisa cukup membantu mencegah luka yang timbul di sekitar tumit kaki.

Baca Juga: Hasil Akhir Real Madrid vs Barcelona: Barca Asuhan Xavi Mempermalukan Los Blancos di El Clasico Malam Tadi

Tempelkan plester sebagai medical kit ke daerah belakang kaki atau bagian yang sensitif. Plester mengurangi gesekan dan luka yang terbentuk di kaki akibat berjalan seharian lamanya.

2. Jangan Lupakan Kaus Kaki
salah satu yang memiliki kebiasaan tidak suka pakai kaus kaki? Sebaiknya dihentikan, ya! Kenakanlah kaus kaki yang pas dengan sepatu yang dipakai. Kaus kaki tak hanya sebagai pelengkap sepatu, melainkan juga melindungi kulit dari gesekan ketika berjalan.

3. Beli Silikon Tumit
Ini adalah salah satu bahan yang dinilai cukup baik untuk mencegah kelecetan pada kaki. Saat ini silikon tumit ini bisa dijumpai dengan mudah, mulai toko sepatu ataupun commerce.

Baca Juga: 5+ Cara Agar Penampilan Menjadi Good Looking, Nomor 4 Sulit Dilakukan

Silikon ini akan menutupi area tumit dari gesekan dengan sepatu. Cocok untuk dipakai ke dalam sneakers, boots, serta sepatu tertutup lainnya. Kalau pakai heels agak kurang cocok menggunakan pelindung silikon ini.

4. Gunakan Bantalan Heels
Strive Physiotherapy & Performance merekomendasikan untuk memakai silikon pada heels wanita. Bentuknya yang mungil dan transparan, letakkan pada tumit dan sekitarnya.

Ini untuk menghindari iritasi dan untuk mencegah lecet terbentuk pada kaki. Gunakan bantalan silikon khusus yang dapat dibeli di toko sepatu mana pun atau online.

Baca Juga: Simak Profil dan Biodata Lengkap Miguel Oliveira, Pemenang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

5. Rekatkan Plester Jari
Ini mungkin terdengar aneh, tetapi bisa dicoba sebagai tips agar tumit tidak lecet saat pakai sepatu. Rekatkan dua jari terakhir pada kaki kanan maupun kiri dengan perekat.

Dengan posisi menempel, akan membuat space lebih banyak di dalam sepatu. Percaya atau tidak, trik ini membuat kaki lebih nyaman dan tak takut lecet. Pakailah perekat plester atau jenis lain yang tidak memicu iritasi ataupun alergi pada kulit.

6. Taburkan Bedak Bayi
Tips agar tumit tidak lecet saat pakai sepatu yakni dengan menaburkan bedak bayi. Cukup menarik, ini bisa mengurangi gesekan antara kaki dan sepatu dengan menggunakan taburan bedak. Kamu hanya perlu menaburkan bedak bayi ke dalam sepatu sebelum memakainya.
Cara ini berfungsi dengan baik jika sedang tidak mengenakan kaus kaki. Namun, dalam hal ini harus memastikan bahwa kaki benar-benar kering.***

Editor: Muh Romli

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x