Simak, Berikut Tips Sehat Jalani Puasa Bagi Penderita Penyakit Jantung

- 25 Maret 2023, 20:29 WIB
Ilustrasi. Hindari makanan bersantan salah satunya rendang saat berpuasa bagi penderita penyakit jantung./Pexels.//
Ilustrasi. Hindari makanan bersantan salah satunya rendang saat berpuasa bagi penderita penyakit jantung./Pexels.// /

PRIANGANTIMURNEWS - Di bulan suci Ramadhan ini, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Dan agar bisa menjalani puasa dengan lancar dan fit, beberapa dokter menganjurkan untuk tetap menjaga pola makan terutama bagi penderita penyakit jantung.

 
Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Pediatric sekaligus anggota Himpunan PERKI, dr. Aditya Agita Sembiring, Sp.JP (K) menghimbau bagi para penderita penyakit jantung dengan mengatakan sebagaimana dikutip PrianganTimurNews dari ANTARA, " Kalau (pasien penyakit) jantung, ya jelas saya (sarankan) untuk hindari makanan bersantan misal rendang, apalagi pas (berpuasa) Ramadhan ya," ujarnya.
 
 
Selain itu, Aditya juga menjelaskan bahwa makanan bersantan itu memiliki kandungan gula yang tinggi apalagi jika dimakan dengan nasi yang juga sama-sama mengandung gula.
 
Alangkah baiknya bagi penderita penyakit jantung untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agar tetap sehat selama puasa di bulan Ramadhan, serta bisa dan tetap mengontrol porsi makan.
 
Lanjutnya, ia juga menyarankan selama berpuasa untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan nutrisi.
 
Karena menurutnya, protein merupakan jenis pangan yang dapat mengenyangkan dan tahan lama karena lebih lama dicerna.
 
 
Berbeda dengan makanan yang mengandung gula dan santan yang lebih mudah dicerna dan dapat membuat tubuh selalu merasa lapar, terlebih saat berpuasa.
 
Oleh sebab itu, alangkah baiknya selama berpuasa untuk lebih menjaga asupan makanan agar tubuh tetap sehat dan fit untuk menjalankan ibadah puasa.***
 

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x