Hindari Dehidrasi, Calon haji Disarankan Minum Segelas Air Zam-zam Sebelum Sholat

- 24 Mei 2023, 11:15 WIB
Ilustrasi Air Zam-zam.
Ilustrasi Air Zam-zam. /[email protected]

PRIANGANTIMURNEWS - Calon jamaah haji  disarankan meminum air zam-zam setidaknya segelas sebelum shalat wajib demi mencegah terkena dehidrasi selama beribadah.

Tindakan itu sangat penting dilakukan para  calon jamaah haji agar terhindar dari dehidrasi.

"Sebelum sholat minum, segelas. Tapi, minumnya jangan yang dingin," kata  Ketua Perhimpunan Kekarantinaan Kesehatan Indonesia Dr. dr. Lucky Tjahjono, M.Kes di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023.

Baca Juga: Subhanallah! Momen Pertama Kali Ronaldo Meminum Air Zam Zam, Langsung Puas!

Disebutkan Lucky, jamaah calon haji asal Indonesia umumnya menyukai air zam-zam yang dingin, sementara meminum air dingin saat cuaca panas bisa memicu batuk dan radang tenggorokan. 

Selain air zam-zam, kata Lucky  asupan lain yang juga disarankan bagi jamaah yakni konsumsi tiga butir kurma misalnya setiap pagi dan sore hari sebagai sumber energi, dan vitamin.

Kementerian Kesehatan sejak beberapa tahun belakangan mengadakan gerakan minum air bersama, terutama air zam-zam dan air mineral, bagi para jemaah haji supaya mereka tidak mengalami dehidrasi.

Baca Juga: Air Zam-Zam Dipercaya Sebagai Air Paling Murni Di Dunia, Berikut Faktanya !

Lebih lanjut dikatakan Lucky, melakukan kegiatan di luar ruang dapat menempatkan seseorang pada risiko terkena dehidrasi, yang terkadang ini tidak disadari sebelum muncul gejala seperti mudah lelah, kulit kering, pusing hingga pingsan.

Agar gejala-gejala itu tidak terjadi, Lucky sekali lagi mengingatkan khususnya bagi mereka yang menjalankan ibadah haji untuk sering minum, misalnya usai pulang dari masjid.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x