Parah! Jumlah Korban Gigitan Anjing Rabies di Pulau Timor NTT Bertambah

- 4 Juni 2023, 20:00 WIB
Petugas membersihkan kaki yang luka akibat gigitan anjing rabies. ANTARA/Fransiska Nuka
Petugas membersihkan kaki yang luka akibat gigitan anjing rabies. ANTARA/Fransiska Nuka /

PRIANGANTIMURNEWS -  Jumlah warga yang terkena gigitan anjing rabies di kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah.

Menurut laporan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi NusaTenggara Timur (NTT) jumlah korban gigitan anjing rabies mencapai
139 orang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten TTS Dianar Atti mengatakan jumlah korban gigitan anjing rabies di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi NusaTenggara Timur (NTT) terus bertambah.

Baca Juga: Kenali Gejala-gejala Terkena Rabies, Terlambat Mengobati Bisa Menyebabkan Kematian

"Kini satu orang bergejala rabies tengah dirawat di RS untuk mendapatkan perawatan intensif, " kata Dianar Atti  Minggu 4 Juni 2023.

Dikatakan Dianar Atti bahwa jumlah korban gigitan anjing rabies di kabupaten tersebut terus bertambah walaupun bupati sudah mengeluarkan status kejadian luar biasa (KLB) rabies di daerah itu.

Dia menambahkan bahwa data 139 orang yang digigit anjing rabies tersebut merupakan data yang diupdate per Sabtu 3 Juni 2023. Sementara untuk update terbaru pada Minggu 4 Juni 2023 masih dilakukan pendataan.

Dia merinci dari total 139 korban gigitan anjing rabies itu, selain satu orang yang dirawat intensif di RS, 18 lainnya dinyatakan gejala khas rabies, sementara sisanya dinyatakan tidak bergejala.

Baca Juga: Musuh Tapi Sayang! Seekor Anjing Kuburkan Kucing yang Meninggal karena Ditabrak Mobil

"Sementara 121 korban lainnya setelah dilakukan pemeriksaan belum ditemukan ada gejala berupa gigitan rabies, karena masa gigitannya belum lama, " tambah dia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x