Power Nap Sangat Penting Bagi Pemudik, Agar Tubuh Kembali Bugar Walau Sementara

- 14 April 2024, 08:24 WIB
Ilustrasi perjalanan mudik jelang Lebaran/power nap sangat penting untuk pemudik/freepik
Ilustrasi perjalanan mudik jelang Lebaran/power nap sangat penting untuk pemudik/freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Dr. Ngabila Salama, seorang praktisi Kesehatan Masyarakat, menekankan pentingnya tidur singkat atau power nap sebagai cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Menurutnya, tidur singkat selama 15 hingga 30 menit dapat memberikan tambahan energi dan menghilangkan rasa kantuk dengan cepat.

“Power nap atau tidur sejenak sekitar 15 hingga 30 menit berkhasiat menambah energi sehingga tubuh akan kembali bugar dan juga rasa kantuk hilang sementara dengan cepat,”ungkap Ngabila di Jakarta, Sabtu 13 April 2024.

Baca Juga: Jalur Mudik Banjarwangi Garut Tertutup Material Longsor, Polisi Bersama Warga Bersihkan Jalan Secara Manual

Dr. Ngabila, yang saat ini menjabat sebagai Kasie Pelayanan Medik dan Keperawatan di RSUD Tamansari Jakarta, menyarankan para pengemudi untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area, terutama antara pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB atau malam hari, guna memaksimalkan manfaat tidur singkat tersebut.

Tidur singkat telah terbukti dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengurangi kelelahan, meningkatkan energi, serta memperbaiki suasana hati.

Selain itu, tidur singkat juga membantu dalam proses perbaikan otot dengan jaringan syaraf, mengontrol kinerja otak, dan meningkatkan kemampuan fisik serta kognitif.

Baca Juga: 610.634 Tiket Kereta Api Ludes, PT KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran Pada 8-9 April 2024

Agar mendapatkan tidur singkat yang berkualitas, disarankan untuk menciptakan lingkungan tidur yang tenang, gelap, dan nyaman, serta menghindari tidur setelah makan dan gangguan dari perangkat elektronik.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah