Kolesterol Tinggi Dapat Dikenali Secara Dini dari Wajah dan Mata, Caranya?Simak Penjelasannya!

- 13 Mei 2024, 09:32 WIB
Ilustrasi kolestrol tinggi yang dapat dikenali dari wajah dan mata/Pexels
Ilustrasi kolestrol tinggi yang dapat dikenali dari wajah dan mata/Pexels /

PRIANGANTIMURNEWS - Tingginya kadar kolesterol seringkali bersifat senyap, tanpa menunjukkan gejala apa pun pada tubuh. Namun, pada beberapa kasus tertentu, tanda-tanda mungkin muncul secara fisik, terutama di wajah atau mata.

Seorang konsultan senior dalam nutrisi dan diet, Dr. Neeti Sharma, yang dikutip oleh Hindustan Times pada Sabtu, 11 Mei 2024, menjelaskan bahwa mengamati tanda-tanda kolesterol tinggi dapat memberikan peringatan dini sebelum seseorang mengalami masalah serius seperti penyakit jantung.

Salah satu tanda yang dapat diamati adalah adanya bercak berwarna kuning pada kelopak mata, yang disebut sebagai xanthelasma. Bercak ini merupakan akumulasi kolesterol dan seringkali menjadi penanda tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Apakah Benar Rasa Lelah Disebabkan Karena Tingginya Kolesterol? Cek Faktanya Disini!

Meskipun xanthelasma umumnya tidak berbahaya, keberadaannya dapat menandakan risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit kardiovaskular. Jika seseorang mengalami xanthelasma, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tanda lain yang perlu diperhatikan adalah adanya perubahan sekitar tepi kornea, ini dapat muncul sebagai cincin dengan warna putih atau abu-abu dan dikenal sebagai arcus senilis.

Hal ini juga disebabkan oleh akumulasi kolesterol dan mungkin menjadi tanda peningkatan kadar kolesterol, terutama pada individu dengan usia di bawah 45 tahun.

Baca Juga: Apa Obat Kolesterol, Ini Lima Daun yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Seperti lengkungan sinilis yang mempesona, Arcus kornea muncul dengan tanpa diundang pada individu di bawah 40 tahun, tampak seperti cincin putih atau abu-abu di sekitar kornea.Hal ini dimungkinkan menjadi pertanda kadar kolesterol yang melonjak.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah