Fadhilah Sholat Tarawih Malam Ketujuh, Yuk Lakukan Secara Berjamaah

- 18 April 2021, 11:28 WIB
Dua orang yang sedang sholat berjamaah di rumah
Dua orang yang sedang sholat berjamaah di rumah /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS – Sholat Tarawih  salah satu amalam unggulan yang dilakukan pada bulan ramadhan. Sholat tarawih bisa dilakukan secara berjamah ataupun sendiri/ munfarid.

Namun, alangkah baiknya jika dilakukan secara berjamaah, sebagaimana hadits Nabi Muhammad Saw yang menganjurkan umat muslim untuk selalu melakukan sholat setiap waktu secara berjamaah.

Dari Anas Radiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Saw bersabda: “Sholat berjamaah lebih baik dari 27 derajat dibanding sholat sendirian,” (H.R Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Doa Hari Keenam Puasa Ramadhan Lengkap dengan Latin dan Artinya

Meskipun ramadhan saat ini merupakan ramadhan kedua di masa pandemi Covid-19, namun itu tidak membuat pelaksanaan ibadah umat Islam menurun.

Sholat tarawih berjamaah tetap bisa dilakukan baik itu di masjid ataupun di rumah, sebab syarat berjamaah adalah adanya imam dan makmum tidak berbatas jumlah baik itu sedikit ataupun banyak.

Fadhilah sholat tarawih pada malam ketujuh ini, dilansir dari kitab Durrotun Nashihin bab 18-19 tentang keutamaan sholat tarawih pada malam ketujuh yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, yaitu:

و في اللية السابعة فكأنما أدرك موسى عليه السلام ونصره على فرعون وهامان

Artinya : “Pada malam ketujuh, seolah-olah ia telah bertemu dengan Nabi Musa AS serta ikut membantunya menghadapi Raja Fir’aun dan Hamam (patihnya),”

Baca Juga: Jurgen Klopp Umumkan Kabar Baik Tentang Kondisi Bek Liverpool Saat Ini

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Kitab Durrotun Nashihin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x