Lima Menu Berbuka Puasa yang Wajib Ada Bagi Masyarakat Indonesia

- 3 April 2022, 06:01 WIB
Ilustrasi Menu Buka Puasa yang Wajib Ada Bagi Masyarakat Indonesia
Ilustrasi Menu Buka Puasa yang Wajib Ada Bagi Masyarakat Indonesia / Instagram @foodnusantara.id/

PRIANGANTIMURNEWS - Iftar (bahasa Arab: إفطار‎) atau buka puasa, mengacu pada sebuah perjamuan saat Muslim berbuka puasa selama bulan Ramadan.

Iftar adalah salah satu ibadah di bulan Ramadan dan sering dilakukan oleh sebuah komunitas, dan orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama. Iftar dilakukan tepat setelah waktu Magrib.

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari Instagram @viding.co, berikut ini menu buka puasa yang wajib ada bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Enam Kebiasaan Orang Indonesia yang Ternyata Salah Secara Medis

1. Makanan serba Daging
Biasanya sebelum puasa, masyarakat Indonesia akan berburu daging yang nantinya akan diolah ke berbagai makanan khas daerah masing-masing. Mulai rendang, dendeng, Sop daging, tongseng, dan masih banyak lagi.

2. Kolak Pisang Atau Biji Salak dan Aneka Bubur
Makanan berkuah santan ini paling banyak di cari di hari pertama sampai pertengahan bulan puasa. Kolak Pisang biasanya dijadikan sebagai takjil atau makanan pembuka di bulan Ramadhan.

3. Jus Buah dan Sayur
Tak jarang masyarakat Indonesia juga mencari aneka jus buah mulai dari Alpukat, Mangga, dan Timun, dan berbagai jus buah menyegarkan lainnya. Banyak juga yang memutuskan untuk meramu sendiri jus buah dan sayur mereka di rumah.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Satu Bulan Penuh di Bulan Ramadhan Tahun 1443 H/ 2022 M

4. Gorengan
Meskipun tidak sehat, tetapi jajanan satu ini paling banyak dicari di hari ramadhan. Mulai dari bakwan, tahu sumedang, tahu isi, cireng, risoles, dan hmmm mimin jadi ngiler!

5. Teh dan Kurma
Paket lengkap Ramadhan dimana kurma itu wajib. Sahur dan berbuka pasti banyak masyarakat Indonesia bahkan di dunia yang melengkapi menu berbuka mereka dengan Kurma. Kamu udah hunting kurma belum nih?

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @viding.co


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x