5 Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Salah Satunya Runtuhnya Kekhalifahan Utsmani

- 5 Januari 2023, 08:58 WIB
Runtuhnya Khalifah Utsmani adalah salah satu peristiwa terpenting yang terjadi di bulan Rajab.
Runtuhnya Khalifah Utsmani adalah salah satu peristiwa terpenting yang terjadi di bulan Rajab. /

PRIANGANTIMURNEWS- Bulan Rajab sudah didepan mata, jatuh pada tanggal 23 Januari 2023 atau berjarak sekitar dua minggu lebih. Bulan Rajab merupakan bulan yang Allah muliakan, dan dalam sejarah umat Muslim terdapat banyak peristiwa penting terjadi di Bulan Rajab.

Bulan Rajab sendiri dikenal sebagai salah satu dari 4 bulan haram, selin bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Disebut sebagai bulan tersebut karena Allah SWT melarang manusia  menganiaya diri sendiri dengan mengerjakan perbuatan yang dilarang atau bermaksiat dengan dosa yang besar.

Dimana apabila manusia menodai bulan tersebut, makan dosanya lebih besar. Tetapi pun sebaliknya apabila manusia menjaga dari perbuatan dosa, bertaubat dan beramal saleh.

Baca Juga: Banyak Masyarakat Terbantu Ketika Bergabung di Motekar, Begini Kata Anggotanya

 Termasuk didalamnya adalah larangan menodai kehormatan bulan  itu dengan peperangan, namun bukan berarti tidak berperang melawan musuh lantas kalah. Namun lebih tepatnya tidak memulai memicu peperangan.

Banyak peristiwa penting, dan penaklukan di Bulan Rajab. Diantaranya mengharuskan umat Islam saat itu berperang melawan musuh untuk bertahan. Berikut adalah lima peristiwa penting yang terjadi di Bulan Rajab:

1. Isra Miraj – Pertama kali turun wahyu shalat

Peristiwa Isra' Mi'raj terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun kesepuluh kenabian. Sebelum Rasulullah SAW akan hijrah ke Madinah.

Baca Juga: 2023 Ameena Punya Adik, Atta Halilintar Umumkan Ini!

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x