Sejarah Singkat Isra Miraj, Perintah Pertama Sholat Wajib Umat Muslim

- 17 Februari 2023, 07:37 WIB
 Wilayah Masjid Al-Aqsa yang terletak di Palestina
 Wilayah Masjid Al-Aqsa yang terletak di Palestina / freepik /


PRIANGANTIMURNEWS - Sejarah singkat Isra Miraj berkaitan erat dengan perintah pertama sholat wajib lima waktu umat Muslim.

Kisah ini juga dikenal dengan dua perjalanan panjang yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam waktu hanya satu malam saja.

Tepatnya perjalanan pertama adalah peristiwa bernama Isra, dari Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi ke Masjidil Aqsa, Palestina.

Baca Juga: Ironis! Ternyata Indonesia Masih Impor Cangkul dari Luar Negeri, Bikin Netizen Keheranan

Sedangkan perjalanan kedua Rasulullah SAW didampingi Malaikat Jibril menggunakan kendaraan buraq, menuju Sidratul Muntaha di langit ke tujuh bernama Miraj.

Perjalanan kedua merupakan perjalanan yang menembus ruang serta waktu, sangat jauh ke langit ke tujuh atas izin Allah SWT.

Perjalanan tersebut diabadikan dalam kitab suci umat Muslim, Al-Qur'an dalam surat Al-Isra ayat 1


سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: "Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya,

Agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat."

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x