5 Hal yang Dilakukan saat Malam Nisfu Syaban, Mulai Membaca Al-Quran hingga Perbanyak Istighfar

- 6 Maret 2023, 14:25 WIB
Ilustrasi berdoa.
Ilustrasi berdoa. /Pexels/Alena Darmel/

PRIANGANTIMURNEWS - Malam Nisfu Syaban merupakan pertengahan dari bulan Syaban yang jatuh pada tanggal 15 di kalender hijriah.

Malam tersebut sangat penting bagi umat Muslim, karena Allah SWT mengangkat laporan catatan amal seluruh manusia selama satu tahun.

Keterangan tentang malam Nisfu Syaban tersebut dijelaskan dalam hadist riwayat Nasa'i No. 2356, Ahmad No. 21753, dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah.

Baca Juga: Parah! Sedang Pesta Miras 15 Remaja Diamankan Tim Maung Galunggung dan Polres Tasikmalaya

Malam tersebut juga istimewa bagi umat muslim karena pada saat itu, Allah membuka pintu doa atau disebut Lailah Al-Ijabah diriwayatkan dalam hadits Ibnu Abbas:

"Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, Malam Jumat, Malam Pertama dari bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya idul adha dan idul fitri".

Juga merupakan malam dimana dosa-dosa orang Mukmin akan diampuni, sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist riwayat Baihaqi:

Baca Juga: Seekor Musang Liar Hidup di Rumah Lama Baim Wong, Bahkan Ada Ular Juga

"Rahmat Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian kemunafikan".

Sehingga pada malam ini, umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan amal sebanyak mungkin.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x