Menyiram Kuburan Suatu Perkara Sunah

- 26 Maret 2023, 16:38 WIB
ternyata menyiram Kuburan menggunakan Air hukumnya sunah
ternyata menyiram Kuburan menggunakan Air hukumnya sunah /YouTube Firdaus Boang/

PRIANGANTIMURNEWS - Alasan mengapa setiap melakukan ziarah kubur baik ke pemakaman keluarga maupun ke pemakaman umum selalu harus membawa air.

Ternyata membawa Air untuk menyiramkan air di atas kuburan. Adapun menyiram air di atas kuburan merupakan suatu hal yang juga dianjurkan ketika berziarah kubur.

Hal tersebut telah menjadi kebiasaan di masyarakat muslim. Saat ini kebiasaan ini bukan tanpa landasan hukum, ternyata hukumnya sunah.

Baca Juga: Jadi Mainan Timnas Indonesia!? Pelatih Burundi Ungkap Hal Ini Jelang Laga Kedua Nanti

"Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah melakukan pada saat putranya yang bernama Ibrahim meninggal dunia,"dikutip PRIANGANTIMURNEWS.pikiran-rakyat.com dari Chennel YouTube Firdaus Boang Minggu 26 Maret 2023.

Hal tersebut sebagaimana keterangan disampaikan oleh Syekh Khotib as-syarbini dalam kitab Mughni Al muhtaz disunahkan menyiram kuburan dengan air.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sendiri melakukannya kepada kuburan putranya Ibrahim Selain itu tindakan ini merupakan pengharapan agar kondisi mayat tetap dingin.

Menyiramkan air selain agar tetap dingin juga mendapatkan limpahan rahmat serta untuk menjaga tanah agar tidak bertaburan

Anjuran menyiram air di atas kuburan ini juga dijelaskan dalam sebuah riwayat dari sahabat Jabir Radhiyallahu Anhu.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube Firdaus Boang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x