Nelayan Diminta Waspada, Gelombang Setingggi 4 Meter Diprediksi Terjadi di Sejumlah Perairan

- 30 November 2020, 10:59 WIB
Seorang Pegawai BMKG menunjukkan ramalan cuaca di Kantor BMKG
Seorang Pegawai BMKG menunjukkan ramalan cuaca di Kantor BMKG /Antaranews/Katriana/

P RIANGANTIMUR NEWS- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang tinggi hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 30 November hingga 2 Desember 2020.

Dikutip Priangantimurnews.com dari antaranews berdasarkan keterangan pers dari BMKG Senin 30 November 2020 menyebutkan, terdapat pola tekanan rendah 1009 hPa di Samudra Hindia barat Aceh dan 1008 hPa di Laut Natuna utara bagian timur dan Samudra Pasifik timur Filipina.

BMKG menyebutkan bahwa pola angin di wilayah Indonesia umumnya bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan berkisar 5 - 25 knot.

Baca Juga: Rizieq Shihab Kabur dari Rumah Sakit, Begini Penjelasan Polisi


Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Lampung, Selat Sunda, perairan utara Banten dan Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan Tengah, dan perairan utara Biak.

Kondisi tersebut mengakibatkan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Kondisi itu mengakibatkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 hingga 2,50 meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan seperti perairan utara Sabang, perairan barat Aceh.

Baca Juga: Beri Dukungan, Susi Pudjiastuti Berpesan Kepada Jeje-Ujang Untuk Menjaga Kelestarian Biota Laut

Kemudian, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano hingga Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Samudra Hindia barat Aceh hingga Bengkulu, Selat Bali - Lombok hingga Alas bagian selatan dan perairan selatan Lombok hingga Sumbawa.

Kemudian peningkatan gelombang juga berpotensi terjadi di Selat Sape bagian selatan, Perairan selatan Sumbawa hingga Pulau Sawu, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, Perairan selatan Kupang hingga Pulau Rotte.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: AntaraNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x