Temple of Zoom: 200.000 Umat Buddha Thailand Menandai Hari Suci Melalui Tautan Video

- 27 Februari 2021, 12:53 WIB
Ribuan Biksu memperingati Hari Makha Bucha secara Virtual karena pembatasan Covid-19.
Ribuan Biksu memperingati Hari Makha Bucha secara Virtual karena pembatasan Covid-19. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Lebih dari 200.000 umat Buddha berkumpul melalui tautan video Zoom pada hari Jumat untuk menghadiri doa tahunan dan ritual lentera yang diadakan di Thailand untuk memperingati Hari Makha Bucha, salah satu hari raya agama yang paling suci.

Ritual dimulai dengan doa dalam bahasa Pali, bahasa kitab suci Buddha kuno, dari podium di dalam stupa suci, setelah itu ratusan biksu berjubah kuning kunyit menyalakan lautan lentera di tengah-tengah nyanyian.

Hari Makha Bucha merupakan salah satu festival Buddha terpenting, biasanya menarik puluhan ribu orang ke Kuil Dhammakaya di pinggiran kota Bangkok.

Baca Juga: Zlatan Ibrahimovich akan Reuni dengan Manchester United, Solskjaer: Ini Hadiah Ulang Tahun yang Bagus

Tetapi tahun ini kuil telah mengatur layar LED sepanjang 280 meter di mana umat dapat hadir secara virtual sebagai tindakan pencegahan karena pembatasan COVID-19.

“Karena situasi COVID-19, kami mengadakan upacara online tahun ini. Biasanya, akan ada ratusan ribu umat yang hadir dan menyalakan lentera di sini, "kata Pha Sanitwong Wuttisangwo, direktur komunikasi kuil, seperti dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari laporan Reuters.

“Dengan teknologi yang kami miliki saat ini, kami dapat terhubung dengan orang-orang melalui Zoom sehingga para peminat dapat bergabung dengan kami secara online,” lanjutnya.

Baca Juga: Pengen Jadi Bintang Artis, Sinemart Membuka Casting Online loh! Ini Persyaratannya

Para peserta sebagian besar adalah orang Thailand ditambah beberapa umat Buddha dari negara lain.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x