Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi: Orang Indonesia Harus Cinta Produk Lokal

- 5 Maret 2021, 06:51 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam rakernas bersama menteri perdagangan pada Kamis, 4 Maret 2021.
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam rakernas bersama menteri perdagangan pada Kamis, 4 Maret 2021. /Twitter @jokowi/

PRIANGANTIMURNEWS- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pada Kamis, 4 Maret 2021, bahwa masyarakat Indonesia harus terus didorong untuk "mencintai" produk dalam negeri dan "membenci" produk asing.

Karena itu, ia mendesak para pejabat untuk tetap berada dalam jalur mendorong pertumbuhan ekonomi 5 persen tahun ini.

Berbicara dalam rapat kerja nasional Kemendag, Jokowi mengimbau pada pelaku industri agar menggunakan komponen lokal daripada mengimpornya, dan menekankan kepada masyarakat agar bangga dengan produk-produk lokal.

Baca Juga: Kesadaran Masyarakat Pakai Masker Rendah, Polsek Cikatomas Gelar Operasi Yustisi

“Yang kecil-kecil ini kalau diangkat, kalau diberikan peluang, saya melihat banyak sekali. Ada keripik sekarang bisa, usahanya rumah tangga, bisa ekspor ke Korea, bisa ekspor ke Jepang. Kecil-kecil tapi ini kalau kita detail dan bekerja keras untuk mereka, ini juga bukan sesuatu yang sulit. Hanya diubah sedikit, kemasannya diperbaiki, brand-nya diperbaiki, didorong untuk ekspor. Dan biasanya nanti mulai kacaunya itu kalau sudah menyangkut kapasitas. Ini tugas kita juga untuk mendorong perbankan untuk mau menyuntikkan kepada UMKM kita agar kapasitasnya bisa naik,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyebutkan betapa pentingnya branding-branding lokal dari usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dapat dipajang di mal-mal dan diberi spot terbaik, dan mengesampingkan merek-merek asing.

“Jangan sampai ruang depan lokasi-lokasi strategis justru diisi oleh brand-brand dari luar negeri. Ini harus mulai digeser, mereka digeser ke tempat yang tidak strategis. Tempat yang strategis, lokasi yang baik, berikan ruang untuk brand-brand lokal,” tegasnya.

Baca Juga: Jatuh dari Pohon Kelapa, Seorang Penderes Lansia di Pangandaran Meninggal Dunia

“Karena penduduk Indonesia, penduduk kita berjumlah lebih dari 270 juta jiwa, seharusnya adalah konsumen yang paling loyal untuk produk-produk kita sendiri. 270 juta (jiwa) adalah jumlah yang besar, pasar yang besar,” ujarnya.

Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri,” tegasnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa pegawai kementerian harus bisa kreatif dan inovatif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat, terutama di tahun 2021 yang telah ditargetkan pemerintah sebagai tahun pemulihan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Setkab RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x