Gunung Merapi Kembali Erupsi, BPPTKG: Hari Ini Terjadi 3 kali Mengeluarkan Lava Pijar

- 15 Mei 2021, 07:46 WIB
Setelah banyak mengeluarkan awan panas, Gunung Merapi kini meluncurkan lava pijar ke lereng-lerengnya.
Setelah banyak mengeluarkan awan panas, Gunung Merapi kini meluncurkan lava pijar ke lereng-lerengnya. /Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko/

PRIANGANTIMURNEWS – Gunung Merapi di Sleman DI Yogyakarta kembali erupsi. Dalam sehari mengeluarkan guguran lava pijar .

Sesuai laporan dari Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTK) Gunung Merap per hari Jumat, 14 Mei 2021, telah terjadi 3 kali Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar.

BPPTKG juga menyebutkan dalam laporannya dalam eurpsi Gunung Merapi yang terakhir telah menyemburkan lava pijar dan meluncur deras sejauh 1.400 meter ke arah barat daya.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Dibuka, Berikut Formasi yang Dibutuhkan

Kepala BPPTKG Hanik Humaida kembali melaporkan aktifitas Gunung Merapi pada Jumat malam, 14 Mei 2021 Pukul 21.33 WIB, erupsi kembali terjadi dan menyemburkan awan panas ke arah barat daya sejauh 2.000 meter.

“Awan panas guguran Merapi tanggal 14 Mei 2021 pukul 21.33 WIB bergerak ke arah barat daya sejauh kurang lebih 2.000 meter,” tutur Hanik dla keterangannya, Jumat 14 Mei 2021.

Dia juga menegasakan bahwa status Merapi masih siaga sejak  5 November 2020. Menurut alat seismogran, lanjutnya, keluaran awan panas tercatat dengan durasi 141 detik serta amplitudonya 46 milimeter.

Melihat semburan yang mengarah ke arah selatan barat daya, maka daerah-daerah yang berada yang berada di arah tersebut harus selalu waspada.

Baca Juga: Lima Orang Terkaya Dunia Yang Juga Ceraikan Istri, Selain Bill Gates

Daerah tersebut yakni sekitar sungai kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: BPPTKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x