Bea Cukai Tegaskan, Pemeriksaan Boks Kargo Ducati di Mandalika Sesuai Prosedur

- 12 November 2021, 13:39 WIB
Oknum tidak bertanggung jawab membongkar kargo motor tim Ducati/
Oknum tidak bertanggung jawab membongkar kargo motor tim Ducati/ /PMJ News

PRIANGANTIMURNEWS- Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menegaskan pemeriksaan fisik boks kargo berisi motor tim pabrikan Ducati di Sirkuit Mandalika, Lombok menjelang bergulirnya seri terakhir Kejuaraan Dunia World Super Bike (WSBK) dilakukan sesuai prosedur.

Hal tersebut merespons isu mengenai dugaan adanya pembongkaran secara ilegal boks kargo Ducati tersebut karena beredarnya foto dan video yang memberi kesalahpahaman di masyarakat.

"Barang yang diimpor dilakukan pemeriksaan fisik barang oleh bea cukai, sesuai prosedur kepabeanan," ujar Askolani Kamis 11 November 2021.

Baca Juga: Deretan Pemain Sepak Bola yang Memakai Sepatu Puma Ultra, Cocok untuk Kecepatan

Ia menjelaskan pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan jumlah dan jenis barang, serta apakah sudah adanya Standard Operating Procedure (SOP) pemeriksaan barang impor.

Saat Bea Cukai melakukan pemeriksaan fisik, boks kargo berisi motor Ducati tersebut dibuka oleh perwakilan panitia.

Baca Juga: Deretan Pemain Sepak Bola yang Memakai Sepatu Puma Ultra, Cocok untuk Kecepatan

"Pembukaan barang dilakukan oleh perwakilan panitia yaitu pengurus barang impor atau Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK)," ucap Askolani.

Setelah selesai pemeriksaan fisik, kata dia, panitia dan penyelenggara merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk mengamankan dan menutup kembali boks tersebut.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @indozone.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x