Tingkatkan Kompetensi SDM dan Daya Saing, Kemenaker Akan Bangun BLK Tatap Internasional di Bengkulu

- 12 Desember 2021, 07:32 WIB
   Menaker Ida Fauziyah Ingin Jadikan BLK Bengkulu berdaya saing global
Menaker Ida Fauziyah Ingin Jadikan BLK Bengkulu berdaya saing global /instagram @kemnaker /
PRIANGANTIMURNEWS - Pemerintah siap membangun dan mengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Bengkulu sebagai program tranformasi BLK menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kementerian Ketenagakerjaan. 
 
Melalui program transformasi ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kelas dan kapasitas BLK Bengkulu, bukan hanya bertaraf nasional tapi juga bertaraf internasional.
 
Kita ingin membangun kompetensi SDM angkatan kerja di Bengkulu ini, adalah angkatan kerja yang memiliki kompetensi berdaya saing.
 
 
"BLK ini tak hanya tingkat nasional tapi juga berdaya saing di tingkat global, " kata Menaker Ida Fauziyah, dikutip priangantimurnews.piliran-rakyat.com dari Instagram @kemnaker Minggu 12 Desember 2021.
 
Ida menyebut, kunjungan kerja ke BLK Bengkulu dilakukan untuk melihat kondisi bangunan dan layanan pelatihan kompetensi yang ada di BLK Bengkulu. 
 
Kunker ini juga sebagai tindak lanjut setelah diserahkannya hibah lahan UPTD kota Bengkulu yang ditandatangani oleh Gubernur Bengkulu.
 
 
Rohidin Mersyah, kepada Kemnaker untuk dijadikan BLK UPTP pada 1 Desember lalu.
 
"Kita berharap proses penyerahan ini akan terus ditindaklanjuti pembangunan dan revitalisasi BLK ini."katanya 
 
Mudah-mudahan 2022 master plan-nya sudah dibuat dan pembangunan akan segera dimulai.
 
 
Untuk menjadikan BLK berdaya saing nasional dan internasional, Ida menyebut, kejuruan prioritas yang akan dikembangkan di BLK UPTP Kemnaker nantinya, berdasarkan asesmen kebutuhan pasar kerja di provinsi Bengkulu. 
 
Jurusan-jurusan yang banyak diminati masyarakat akan tetap dipertahankan. Misalnya kejuruan menjahit, pertukangan, dan otomotif.
 
Di luar itu kita juga akan membuka jurusan yang dibutuhkan pasar kerja ke depan, seperti pariwisata. 
 
 
"Saya kira Bengkulu merupakan provinsi yang memiliki daya tarik wisata dan harus disiapkan SDM-nya. Salah satu yang dibangun jurusan perhotelan (hospitality)," ujar Ida.***
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: kemnaker.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x