BMKG: Jember Jawa Timur Di Guncang Gempa 5,1 Skala Richter , 5 Wilayah Terdampak Guncangannya

- 16 Desember 2021, 10:10 WIB
Gempa Bumi Jember, Jatim Dirasakan Hingga III Denpasar, III Kuta, III Legian, II-III Banyuwangi, II Jimbaran, II Puger, II Karangkates, I-II Lumajang, I-II Bondowoso.
Gempa Bumi Jember, Jatim Dirasakan Hingga III Denpasar, III Kuta, III Legian, II-III Banyuwangi, II Jimbaran, II Puger, II Karangkates, I-II Lumajang, I-II Bondowoso. /F_WKT/BMKG

 

 
PRIANGANTIMURNEWS - BMKG telah mendeteksi gempa terkini dengan magnitudo 5.1 mengguncang wilayah Jember Jawa Timur (16 Desember 2021).
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa terkini yang dirasakan pada pukul 06.01 WIB
 
Gempa tersebut Berlangsung di titik koordinat 8,55 LS dan 113,49 BT. 
 
 
Adapun pusat gempa berada di jarak 42 Km Barat Daya Jember pada kedalaman 10 Km. Sebelum nya BMKG juga mendeteksi adanya gempa dengan magnitudo 5,2 Skala richter 14 Desember 2021 pukul 15.57 WIB.
 
Gempa tersebut terjadi koordinat 7,70 LS dan 122,03 BT berada di jarak 104Km Barat Laut Mumere NTT pada kedalaman 97 Km. 
 
BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tenang dan tetap waspada. 
 
 
Getaran gempa skala III MMI dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta, dan Legian, dan getaran skala II-III MMI dirasakan di Pancer dan Banyuwangi.
 
Sedangkan untuk getaran skala Il MMI dirasakan di Jimbaran, Puger, dan Karangkates, dan getaran skala I-II MMI dirasakan di Lumajang dan Bondowoso.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 itu pun dilaporkan mengakibatkan kerusakan bangunan di Jember, Jawa Timur.
 
 
Hal itu terlihat dari foto yang dirilis Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di akun Instagram pribadinya.

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x