Kepala BPBD Tinjau Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan

- 25 April 2022, 20:40 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (paling kanan) bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (dua dari kanan).
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (paling kanan) bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (dua dari kanan). /BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bersama Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati meninjau Pos Pengamatan Gunungapi Merapi Babadan yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin, 25 April 2022.

Kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022 itu dilakukan guna mendapatkan informasi terkini seputar monitoring aktivitas Gunung Merapi, sekaligus melihat kegiatan pemantauan yang dilakukan oleh tim pengamat gunungapi.

Baca Juga: BERITA TERBARU KASUS SUBANG: Bocoran Saksi M, saat Peristiwa Pembunuhan Saksi Y Tidak Pulang, Benarkah?

Pada peninjauan tersebut, Kepala BNPB beserta rombongan mendapat penjelasan dari Kepala Badan Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, terkait sistem monitoring, pengembangan teknologi, hasil pemantauan aktivitas Gunung Merapi dan bagaimana kemudian informasi Early Warning System diteruskan kepada stakeholder dan diterima masyarakat.

Melalui peninjauan itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto sekaligus kembali mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Sebab, Indonesia menjadi wilayah yang dianugerahi berbagai jenis potensi bencana dan dapat mengancam jiwa masyarakat.

Baca Juga: Resmi! Persib Kenalkan Pemain Muda, Inilah Daftar Pemain Persib Bandung Musim 2022-2023

“Kami ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa negara kita ini sangat rentan terhadap bencana, dan bencana bisa datang kapan saja sehingga yang diutamakan adalah kesiapsiagaan apabila bencana ini datang,” kata Suharyanto.

Pos Pengamatan Gunungapi Babadan menjadi satu dari beberapa pos pantau Gunungapi Merapi yang dibangun pada tahun 1930.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x